GRESIK - Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah kabupaten (pemkab) Gresik serta Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Hj. Zumrotus Sholihah Qosim menerima tim penilai Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional di SMA Negeri 1 Kedamean Gresik, Kamis (20/04/2017)
.
Kedatangan rombongan tim penilai dari Jakarta tersebut adalah ingin meninjau langsung dan melakukan verifikasi data apakah sudah sesuai dengan data yang dikirimkan oleh SMA Negeri 1 Gresik beberapa waktu yang lalu.

Rombongan tim penilai yang di Ketuai oleh Drs. H. Aliyas tersebut tiba di SMA Negeri 1 Kedamean sekitar pukul 10.00 WIB yang sebelumnya telah meninjau Sekretaris Tetap (Sektap) Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah di Kecamatan Gresik dan Kecamatan Kedamean.

Bupati Sambari di sela-sela kunjungan tim penilai LSS tersebut mengatakan bahwa pemerintah kabupaten Gresik mengapresiasi dengan adanya lomba ini. Dan ini merupakan salah satu upaya untuk menjadikan kabupaten Gresik untuk menjadi kabupaten UKS dan senantiasa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
"Semoga SMA Negeri satu Kedamean ini dapat menjadi yang terbaik di kancah nasional. Tentunya dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya untuk berkomitmen menjadikan UKS sebagai bagian terpenting dalam menjalankan aktifitas di sekolah," kata Bupati. "UKS yaa PKK..PKK ya UKS," begitulah slogan Bupati saat menerima tim penilai dari pusat.

Selain itu, Bupati Sambari juga mengharapkan pembinaan yang lebih intens dari semua pihak supaya kabupaten Gresik bisa betul-betul mengikuti Lomba tersebut dengan harapan menjadi yang terbaik di tingkat Nasional.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Drs. H. Aliyas  menjelaskan bahwa penilaian LSS kali ini melibatkan seluruh pihak lintas sectoral. "Yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Bagian Kesejahteraan dan semua unsur masyarakat yang berperan aktif dalam mendukung program-program UKS," katanya.

Dengan diadakannya LSS ini menurutnya diharapkan semua unsur sekolah melaksanakan Pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pemeliharaan lingkungan sekolah yang sehat.
"Beberapa aspek penilaian sarana dan prasarana diantaranya aspek kebersihan sarana dan prasarana kelas, ruang guru, kantin, toilet, air bersih, tempat cuci tangan, tempat ibadah, kondisi tempat sampah dan UKS serta sara pendukung lainnya," Pungkas Aliyas.

Sementara itu, Ketua TP PKK Hj. Zumrotus Sholihah Qosim memaparkan bahwa perilaku kesehatan anak didik juga menjadi bagian dalam penilaian tentang UKS. Dan perilaku hidup bersih dan sehat serta penilaian terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan. "Alhamdulillah SMA Negeri 1 Kedamean selalu menerapkan aspek tersebut hingga saat ini," paparnya.
Dirinya juga menjelaskan bahwa penilaian Sekolah Sehat ini rutin setiap tahun dilaksanakan. "Hal ini tidak sekedar diperlombakan, tetapi LSS ini mendidik anak untuk memahami pentingnya kesehatan badan maupun lingkungan sekitar," jelasnya.

Selain itu, Bupati Sambari juga meresmikan Wisata UKS SMA Negerin 1 Kedamean dengan menandatangani prasasti dengan didampingi tim penilai LSS pusat.


Arifin SZ Team

Post a Comment