Info Jatim Grup 20:19 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto : Marsanto S.H Ketua EXCO Partai Buruh kabupaten Gresik menyerahkan berkas dokumen pendaftaran Bakal calon legislatif di Kantor KPU kabupaten Gresik, Minggu (14/05/2023).

Menjelang detik-detik terakhir penutupan pendaftaran bakal calon legislatif, Kantor KPU kabupaten Gresik mendadak ramai saat di datangi Partai Buruh untuk melakukan registrasi Bacaleg DPRD tingkat Kabupaten, Minggu (14/05/2023).

Pendaftaran BACALEG DPRD tersebut dilakukan oleh Ketua EXCO Partai Buruh kabupaten Gresik Marsanto S.H dan M.Arif Syamsudin Sekretaris Serta didampingi oleh Jajaran Pengurus EXCO Partai Buruh Kabupaten gresik.

Sekitar 300 orang dari  Massa Pendukung Partai Buruh mengawal dalam pendaftaran Bacaleg DPRD Gresik tersebut, massa yang tergabung dari berbagai organisasi pendukung Partai Buruh, diantaranya adalah FSPMI, FSP KEP, KSPI, FSP LEM SPSI, SPN,SBSI LOMENIK,SP KEP SPSI  dan organisasi kerakyatan lainnya di Kabupaten gresik.

Foto : Para Pendukung yang mengawal Bacaleg Partai Buruh di Kantor KPU kabupaten Gresik, Minggu (14/05/2023).

Sebagai informasi, Partai Buruh mengajukan sebanyak 48 orang BACALEG DPRD Kabupaten Gresik yang tersebar di 8 DAPIL di Kabupaten Gresik.

Dari 48 BACALEG tersebut 18 diantaranya berjenis kelamin perempuan, sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU No. 10 Tahun 2023, yang mensyaratkan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.

Dalam keterangannya Marsanto mengatakan, bahwa Bacaleg DPRD Kabupaten gresik dari Partai Buruh didominasi oleh pengurus serikat pekerja yang kritis dan progresif.


"Sebanyak 75 persen atau sebanyak 35 orang dari 34 orang BACALEG berusia dibawah 45 tahun. Mayoritas mereka berlatar belakang aktivis buruh, aktivis mahasiswa, pengacara publik, dan aktivis rakyat. Yang selama ini telah teruji melakukan pembelaan terhadap hak-hak rakyat kecil dan buruh. Selain itu adapula diantara mereka berlatar belakang wirausahawan yang bergerak di bidang ekonomi kreatif kerakyatan, "ujarnya.

Selain itu, Marsanto juga Mengungkapkan bahwa Partai Buruh tidak memiliki BACALEG tokoh masyarakat, aktris, maupun pengusaha yang kuat modal finansialnya.

"Bacaleg Partai Buruh Mayoritas mereka berlatar belakang aktivis buruh, aktivis mahasiswa, pengacara publik, dan aktivis rakyat, Tetapi kami meyakini dengan modal sosial kerakyatan dan kekuatan massa yang militan dapat memperoleh kursi DPRD kabupaten Gresik sekurang-kurangnya 1 kursi di setiap DAPIL. Sehingga kami menargetkan Bacaleg Partai Buruh  mendapat 8 kursi di DPRD kabupaten gresik,"ungkapnya.

Tak hanya itu, Marsanto juga berharap agar seluruh elemen masyarakat turut mengawal pesta demokrasi ini dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya. 

"Mari kita menjadi pemilih yang cerdas dan berintegritas dengan menolak praktek politik uang. Laporkan segala bentuk kecurangan kepada aparat penegak hukum,"pungkasnya.

Terakhir Marsanto selaku Ketua Partai Buruh Kabupaten Gresik memohon do’a restu kepada seluruh warga masyarakat di kabupaten Gresik agar Bacaleg dari Partai Buruh diberikan kesempatan untuk memperjuangkan nasib rakyat dan kaum buruh secara langsung dari dalam gedung DPRD Gresik.

"Jika selama ini kami berjuang melalui jalanan dengan aksi demonstrasi, maka berikan kami kesempatan untuk memperjuangkan nasib rakyat dan kaum buruh langsung dari dalam gedung DPRD Kabupaten Gresik,"tutupnya.

Ditambahkan, Arifin S Zakaria Pimpinan Redaksi infojatim.com agar Bacaleg DPRD kabupaten Gresik yang terpilih dari Partai Buruh kedepannya benar-benar akan menjalankan tugas dan fungsinya, serta sesuai dengan visi dan misinya untuk kesejahteraan rakyat dan juga buruh. (Rz)


Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria
Redaktur : Rizki

Post a Comment