Info Jatim Grup 10:00 A+ A- Print Email

Batu, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto : Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat menghadiri kegiatan penguatan peran kecamatan dalam pembangunan desa di Kabupaten Gresik tahun 2023. Acara yang diinisiasi paguyuban Camat dan Ketua PKK Kecamatan se-kabupaten Gresik yang digelar di Hotel Jambuluwuk, Kota Batu, pada hari Jumat (19/5/2023) malam.

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Perlu memaksimalkan peran kecamatan sebagai perangkat daerah terdepan dalam melaksanakan pelayanan publik. Hal ini disampaikan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat menghadiri kegiatan penguatan peran kecamatan dalam pembangunan desa di Kabupaten Gresik tahun 2023. Acara yang diinisiasi paguyuban Camat dan Ketua PKK Kecamatan se-kabupaten Gresik ini digelar di Hotel Jambuluwuk Kota Batu, pada hari Jum'at (19/5/2023) malam.


Tidak hanya itu, dalam Kegiatan ini juga sekaligus pelepasan 3 Camat yang sudah purna tugas yaitu Arifin (Camat Ujungpangkah), Camat Ahmad Nasikh (Camat Panceng), serta Munir (Camat Bungah).

Menurut Fandi Ahmad Yani atau yang akrab disapa Gus Yani bupati milenial tersebut, menuturkan bahwa Camat mempunyai peran strategis dalam pembinaan dan pengawasan desa. Tugas itu meliputi fasilitasi, rekomendasi dan koordinasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Camat tumpuannya sangat besar, dengan minim anggaran tetapi harus mampu menjadi seorang leader di tingkat kecamatan. Saya ucapkan terima kasih juga kepada Camat yang sudah purna tugas atas kontribusi dan kerjasamanya selamanya menjabat. "tuturnya.


Turut mendampingi Bupati Gresik dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Abu Hassan, Kepala Dinas Perhubungan Tarso Sagito.

Gus Yani juga mengatakan, bahwa dengan kebersamaan dan gotong-royong kita selama ini, banyak pengalaman panjang Yang kita miliki. Mulai dari penanganan Covid-19 serta penyakit mulut dan kuku (PMK) sampai dengan pengendalian Inflasi.

"Selain itu, ada lagi yang harus kita kerjakan bersama yaitu menurunkan angka stunting dan kemiskinan ekstrim, "ungkapnya.

Foto : Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat menghadiri dan memberikan sambutan dalam kegiatan penguatan peran kecamatan dalam pembangunan desa di Kabupaten Gresik tahun 2023. Acara yang diinisiasi paguyuban Camat dan Ketua PKK Kecamatan se-kabupaten Gresik yang digelar di Hotel Jambuluwuk, Kota Batu, pada hari Jumat (19/5/2023) malam.

Selain itu, Gus Yani juga mengatakan bahwa upaya pemerintah daerah terkait pengawasan tindak pidana korupsi Progresnya menunjukkan Peningkatan yang baik serta Hasil penilaian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI terhadap program Monitoring Center For Prevention (MCP) di lingkungan Pemkab Gresik menunjukkan peningkatan. Dari nilai 84,72 pada tahun 2021 menjadi 94 pada tahun 2022.

"Alhamdulillah sekarang dapat melampaui target yang telah ditetapkan yaitu 92,5. Di sini ada peran pelayanan dan pengawasan kepala daerah. Maka kualitas pelayanan ini juga harus terus kita tingkatkan, "harapnya.

Terakhir Gus Yani juga menambahkan, bahwa penanganan kemiskinan ekstrim harus diselesaikan. Banyak program atas usulan daerah melalui Inpres yang baru insya Allah terlaksana di tahun ini, Inpres ini menjadi rebutan Kabupaten Gresik. Salah satunya mendorong Inpres tersebut untuk perbaikan infrastruktur di pulau bawean.

"Mudah-mudahan masyarakatnya ikut berpartisipasi, sehingga angka kemiskinan ekstrim di Bawean segera terselesaikan, "ucapnya. (Red/Tim)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur: Rizki

Post a Comment