Info Jatim Grup 20:52 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto : Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat mengambil sumpah dan melantik tiga Kepala Desa (Kades) Pergantian Antar Waktu (PAW), Selasa (06/06/2023).

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengambil sumpah dan melantik tiga Kepala Desa (Kades) Pergantian Antar Waktu (PAW),  Kades yang dilantik adalah Siswanto Kades Desa Manyarrejo Kecamatan Manyar, Moh Muzakki Kades Desa Sukalela Kecamatan Tambak, dan Kades Desa Dooro Kecamatan Cerme Choirul Umam. Yang dilaksanakan di Ruang Mandala Bakti Praja Kantor Bupati Gresik, Selasa (06/06/2023).

Dalam Sambutannya, Fandi Akhmad Yani atau yang akrab disapa Gus Yani itu mengatakan, bahwa pelantikan ini merupakan momen istimewa dan sebagai awal dalam suatu perjuangan dalam mewujudkan kemajuan Desa dan kesejahteraan Masyarakat.

Foto: Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat mengambil sumpah dan melantik tiga Kepala Desa (Kades) Pergantian Antar Waktu (PAW), yang dilaksanakan di Ruang Mandala Bakti Praja Kantor Bupati Gresik, Selasa (06/06/2023)

"Pesan saya, Niatnya harus benar-benar untuk berjuang. Berjuang untuk memperbaiki apa yang masih kurang, dan melanjutkan apa yang sudah baik. Niatnya disitu, jangan niat yang lain,"kata Fandi Akhmad Yani.

Dalam kegiatan pelantikan tersebut, juga dihadiri Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, jajaran Forkopimda, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gresik Abu Hassan dan jajaran Camat.

Menurut Gus Yani, Jabatan seorang Kades adalah hal yang krusial, lantaran dibalik niat tersebut ada ribuan masyarakat di tiap desa yang merupakan tanggung jawab dari Kades.

"Kalau dulu mungkin tanggung jawabnya sebatas keluarga. Tapi, setelah ini tanggung jawab panjenengan selaku Kepala Desa sudah ribuan jiwa warga. Artinya tanggung jawab ini menjadi tanggung jawab dan komitmen kita bersama,"tuturnya.

selain itu, orang nomer 1 di gresik itu juga menyampaikan bahwa Kades tidak sendirian. Ada kehadiran Bupati beserta seluruh perangkat Pemerintahan Kabupaten Gresik, dan sudah banyak program-program yang sudah disiapkan untuk masyarakat desa.

"Silahkan ini diakses. Bagaimana mewujudkan lingkungan desa yang bersih, bagaimana desa bisa menurunkan isu-isu strategis (stunting, kemiskinan, kematian ibu dan anak), "ujarnya.

"Panjenengan juga tidak sendirian, sudah ada program dan regulasi yang bisa langsung dijalankan. Kita bekerja bersama-sama,"tambahnya.

Tidak hanya itu dalam kesempatan tersebut, Gus Yani juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pj Kades yang sudah mengisi kekosongan sebelum Kades baru dilantik.

Untuk diketahui, selama Kades belum dilantik secara resmi, pemerintahan desa untuk sementara diisi oleh penanggung jawab yang ditunjuk oleh Bupati Gresik lewat SK. Pj Kades ini juga bertugas untuk melaksanakan pemilihan Kades PAW. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria
Redaktur : Rizki

Post a Comment