Info Jatim Grup 15:00 A+ A- Print Email

Jatim, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah saat menghadiri Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Desa Siap Informasi Desa dalam rangka mengembangkan kemampuan dalam peningkatan pelayanan untuk masyarakat yang diikuti Pemerintah Desa Se-Kecamatan DudukSampeyan. Foto/Dok. Humas Pemkab Gresik

Seiring dengan tuntutan masyarakat yang ingin memperoleh pelayanan dari pemerintah secara cepat dan efektif. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah menjadi bagian penting dari pemerintahan desa modern.

Dengan adanya kemajuan teknologi, banyak sistem informasi yang telah dikembangkan untuk membantu pemerintah desa dalam menjalankan tugasnya. Salah satu contoh adalah Sistem Informasi Manajemen Desa (SIMDES) yang memungkinkan pemerintah desa untuk mengelola data penduduk dan administrasi desa dengan lebih efektif. SIMDES dapat membantu pemerintah desa dalam mengambil keputusan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas layanan publik.

Oleh sebab itu, pelayanan pemerintah ditingkat desa mulai menggunakan sistem berbasis teknologi informasi dengan menerapkan Sistem Informasi Desa (SID) secara terpadu. Setelah menggunakan SID, pemerintah desa akan lebih cepat saat mencari data penduduk, tidak perlu bolak-balik untuk membuka kartu keluarga.

Dengan kondisi tersebut, pemerintah desa melalui operator IT dan sekretataris desa se-Kecamatan DudukSampeyan mengembangkan kemampuan dalam peningkatan pelayanan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Desa yang dilaksanakan di kota Batu, pada tanggal 23-25 Juni 2023.

Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah dalam pengarahannya mengatakan, bahwa pemerintah desa merupakan lembaga pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat. Maka pelayanan pun harus prima, sebab pelayanan di tingkat desa bersifat intens.

Foto: Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah saat memberikan sambutan dan pengarahan dalam Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Desa Siap Sistem Informasi Desa, pada hari Sabtu (24/06/2023).

"Pemerintah desa adalah touchpoint pertama masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. pengalaman masyarakat ketika mendapatkan pelayanan di kantor desa ini mempengaruhi kepuasan masyarakat dan citra pemerintah," ujar Bu Min sapaan akrab Wabup Gresik yang hadir di kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) yang diikuti Pemerintah desa Se-Kecamatan DudukSampeyan di kota Batu Malang, pada hari Sabtu (24/06/2023).

Menurutnya, Bimtek tentang digitalisasi ini sangat penting dan bermanfaat. Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, Bu Min menyampaikan apresiasi atas Bimtek yang telah dilaksanakan tersebut.

Ia menyebut bahwa Basis Data (Database) merupakan simpanan dari suatu pemerintahan yang bersifat universal. "Jadi ketika kita mengintervensi suatu kegiatan atau program harus sesuai dengan sajian data yang ada. Data tersebut harus tersaji secara akurat agar tepat sasaran," tuturnya.

Di akhir sambutannya, Bu Min juga menyampaikan bahwa inovasi merupakan hal yang diperlukan oleh pemerintahan desa demi pelayanan publik yang lebih baik Untuk mendukung tercapainya kepuasan masyarakat dalam pelayanan publik. 

maka pemerintah desa perlu melakukan inovasi atau terobosan terbaru untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan di desa. Sebagai contoh, saat pemerintah memberikan bantuan BLT, maka data penduduk di desa jadi acuan utama.

"Maka data yang ada akan lebih akurat apabila terstruktur melalui database dalam Sistem Informasi Desa," pungkasnya. (Red)

Pimpinan redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment