Info Jatim Grup 19:00 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto: Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah mengelar Workshop Pra Siaga bagi para guru PAUD Se-Kabupaten Gresik, di Aula Ainul Yaqin Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, pada Jumat (23/6/2023).

Pramuka Pra Siaga sangat penting bagi anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Khususnya dalam memberikan pemahaman dan mengajarkan etika yang wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pramuka Pra Siaga bertujuan untuk mempercepat kecerdasan anak, bagaimana menggali potensinya, "tuturnya.

Dalam sambutan yang disampaikan Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd sekaligus Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Saat membuka Workshop Pra Siaga bagi para guru PAUD Se-Kabupaten Gresik.

Kegiatan tersebut diikuti ratusan guru PAUD dan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) yang digelar di Aula Ainul Yaqin Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, pada Jumat (23/6/2023). Wakil bupati Gresik yang akrab disapa Bu min itu juga berpesan kepada para pengajar utamanya dalam membimbing anak didiknya agar dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki untuk proses tumbuh-kembang ke depannya.

Foto: Workshop Pra Siaga bagi para guru PAUD Se-Kabupaten Gresik dihadiri Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah, yang diikuti ratusan guru PAUD dan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) yang digelar di Aula Ainul Yaqin Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, pada Jumat (23/6/2023).

"Pramuka Pra Siaga bertujuan memperkuat karakter anak usia dini. Keberadaannya cukup penting mengingat anak usia dini masih memerlukan bantuan serta bimbingan dalam menggali potensi yang dimiliki, "ungkap wabup.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Victor Tatuah Praktisi Prasiaga Paud, Ketua Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Provinsi Jatim Moch. Yusuf, Ketua IPI Kabupaten Gresik Abdul Karim, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Sekolah Nanang serta Kabid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nur Fadilah.

Selain itu, menurut Bu Min salah satu ekstra wajib anak sekolah dari SD sampai SMA adalah Pramuka. Kurikulum merdeka mengajarkan Pramuka senantiasa memberikan materi dengan nilai-nilai pembelajaran untuk pengembangan karakter kebangsaan.

"Nilai-nilai ini harus diperkenalkan mulai dari anak-anak PAUD atau Pra Siaga. Melalui kegiatan ini untuk lebih mencintai negara melalui kegiatan Pramuka, "pungkasnya.

Di tempat sama Kepala Dinas Pendidikan S. Hariyanto mengatakan, maksud dan tujuan pelaksanaan Pra Siaga Paud ini untuk menyamakan persepsi. Bagaimana dan apa itu Pramuka Pra Siaga.

"Pramuka pra siaga yang berusia 7 hingga 10 tahun akan sangat mudah menerima pola pendidikan karakter. Untuk itu dengan mengikutsertakannya pada kegiatan Pramuka akan mudah membentuk kepribadian baik anak, "terangnya.

Dirinya mengapresiasi peran dan kontribusi guru PAUD dalam mendidik siswanya. "Atas pengabdiannya juga, Pemerintah Kabupaten Gresik tahun ini insya Allah guru PAUD akan diberikan insentif sebesar 250 ribu, "kata Hariyanto. (Red)

Pimpinan redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria
Redaktur : Rizki

Post a Comment