Info Jatim Grup 16:47 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto: Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik saat menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 51, yang digelar di Kantor Bupati Gresik, pada Rabu (07/06/2023).

Memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 51 Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik, menggelar peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 51, pada hari Rabu (07/06/2023). Bertempat di Kantor Bupati Gresik, agenda tersebut mengambil tema "Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera Dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh".

Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik yang hadir saat itu mengatakan, PKK adalah tempat bagi perempuan yang berdaya, berkarya, dan inspiratif. Sehingga perempuan dapat memberikan keteladanan yang baik bagi warga khususnya keluarganya.

"Artinya PKK punya peranan penting, baik dalam agama, bangsa, dan negara. PKK memiliki kekuatan yang bisa diberikan kepada masyarakat baik itu edukasi, sosialisasi, dan inspirasi untuk kehidupan keluarga." ungkap bupati di depan ratusan anggota TP PKK Gresik.

Selain memperingati HKG ke 51, dalam agenda kegiatan tersebut juga merupakan media dalam menyikapi berbagai isu nasional. Seperti isu stunting, pemerataan pendidikan, dan pemberdayaan perempuan. Tujuannya, adalah menciptakan Gresik zero stunting, penurunan tingkat anak putus sekolah, peningkatan ekonomi masyarakat, dan mewujudkan keluarga sejahtera.

Dalam peringatan HKG PKK ke 51 juga dihadiri Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Ahmad Washil Miftahul Rahman, para Kepala OPD Gresik, Camat se Kabupaten Gresik, Ketua Ikatan Istri Anggota DPRD Gresik, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Gresik, Ketua Bhayangkari Gresik, Ketua Ikatan Adiyaksa Dharma Karini Gresik, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Gresik, Gerakan Organisasi Wanita (GOW), perwakilan dari PT. Petrokimia Gresik, PGN SAKA, PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk, PT. Indomarco Prismatama, PT. AKR Corporindo, Tbk, BPJS Ketenagakerjaan, dan Bank Jatim Cabang Gresik.

Seperti yang diketahui Berkaitan dengan perempuan berdaya, Pemkab Gresik telah melakukan berbagai cara dalam mewujudkan impian tersebut. Salah satunya adalah program Bunda Puspa, yang mentargetkan perempuan berkeluarga dalam membangun ekonomi secara mandiri.

"Program bunda puspa ini adalah salah satu kunci, sehingga kita bisa bergerak membangun kekuatan ekonomi secara mandiri. Mudah-mudahan, PKK dapat terus bergerak bersama dalam mencapai target yang lebih baik. Karena hal ini juga merupakan visi misi dari PKK." ujar bupati yang hangat disapa Gus Yani itu.

Di waktu yang sama, Ketua TP PKK Gresik Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani mengatakan, peringatan kali ini jangan hanya menjadi pemanis saja. Perlu adanya tindak lanjut dan sinergi yang terus menerus digerakkan.

Foto: Ketua TP PKK Gresik Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani.

"Melalui momentum hari kesatuan gerak PKK ini, saya mengharapkan kegiatan ini tidak hanya menjadi rutinan dan berhenti sampai di sini saja. Karena kegiatan PKK harus selalu membawa gelora. Yakni membawa semangat dan energi baru dalam PKK. Maka semangat ini harus menjadi dasar dalam kita bergerak bersama." ucapnya.

Ketua TP PKK Gresik yang lebih akrab disapa Ning Nurul itu juga mengatakan, PKK adalah mitra kerja pemerintah. Artinya, PKK harus mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif untuk masyarakat. Dengan ciri khasnya memakai pola pendekatan pemberdayaan keluarga dan masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan.

Karenanya, TP PKK Gresik haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif. Pola pendekatan pemberdayaan keluarga dan bertumbuh pada masyarakat, harus menjadi ciri khas TP PKK Gresik dalam berbagai aspek pembangunan.

"Saya sampaikan program PKK harus selaras dengan program pemerintah. Sehingga kita dapat Bergerak bersama dengan bhakti dan karya nyata serta berkerja tampa pamrih untuk mewujudkan kesejahteraan dan Indonesia maju." pungkasnya. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment