Info Jatim Grup 16:56 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto : Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah Didampingi Camat Balongpanggang Muhammad Amri bersama Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP) memberikan bantuan stimulan material bangunan dan bantuan uang tunai pada Abdul Karim melalui Baznas yang juga ikut turun memberikan bantuan, Selasa (13/06/2023).

Keterbatasan ekonomi menjadikan Abdul Karim tidak mampu memperbaiki rumahnya yang saat ini sudah roboh dan rata dengan tanah. Bahkan untuk kehidupan sehari-hari, saat ini dirinya tinggal bersama pamannya. Rumahnya yang sebelumnya telah roboh, masuk dalam program bantuan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Dalam program ini, Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP) memberikan bantuan stimulan material bangunan. Tidak hanya itu, bantuan uang tunai kepada Abdul Karim turut diberikan melalui Baznas juga ikut turun memberikan bantuan. Dengan adanya bantuan ini, Abdul Karim merasa lega dan bahagia karena bebannya teringankan.

Tak henti-hentinya Abdul Karim mengucap syukur, ketika Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dan rombongan dari Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP), Baznas, dan Kecamatan Balongpanggang berkunjung ke rumahnya di Dusun Telogogede, Desa Ngasin, pada Selasa (13/06/2023).

"Alhamdulillah, saya sangat bahagia mendapat bantuan ini. Rumah saya yang roboh sejak tahun lalu, dan sampai sekarang belum mampu memperbaiki. Tapi sebentar lagi bisa dibangun lagi berkat bantuan dari Pemkab Gresik dan Baznas," ucap Abdul Karim.

Aminatun Habibah atau yang akrab disapa Bu Min yang datang mengunjungi Abdul Karim, berharap adanya program RTLH mampu meringankan bantuan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan akan rumah yang layak huni. Bu Min menegaskan, papan (rumah) merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat. Oleh karenanya, dalam pemenuhannya wajib diusahakan.


"Awalnya kita menerima laporan dari Pak Camat, bahwa ada rumah warga yang roboh. Dari laporan ini, kita tindak lanjuti bersama Dinas CKPKP dan Baznas. Walaupun tidak banyak, tapi alhamdulillah nanti pihak desa bisa membantu lebih lanjut," terang Bu Min.

Ditempat yang sama, Camat Balongpanggang Muhammad Amri menyatakan bahwa kegiatan hari ini juga merupakan wujud nyata dalam upaya pengentasan kemiskinan. Tak lupa, dirinya juga memberikan apresiasi kepada pemerintah desa yang juga memberikan dukungan penuh atas program tersebut. 

Sebagai informasi, saat ini Pemkab Gresik bersama dinas terkait terus berupaya menekan angka RTLH di seluruh wilayah Kabupaten Gresik. Data terakhir menunjukkan terdapat 6.608 RTLH di seluruh wilayah Kabupaten Gresik. Jumlah tersebut terus ditekan lewat upaya Dinas CKPKP dengan penurunan angka 400 hingga 500 RTLH pertahun.

Adapun upaya yang dilakukan dengan membuka pintu kerja sama lewat program Corporate Social Responsibility (CSR) dari berbagai perusahaan yang ada di Kabupaten Gresik. Selain itu, kerja sama dengan lembaga horisontal seperti TNI juga dibuka lebar. Seperti halnya lewat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang tahun sebelumnya berfokus di Mengare, Kecamatan Bungah. (Red)

Pimpinan redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment