Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto: (Dok.Humas/infojatim.com) Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah menghadiri acara Haul dan Sedekah Bumi di Desa Bedanten Bungah, Jum'at (11/8/2023).

Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah menghadiri acara Haul dan Sedekah Bumi Mbah Sayyid Makhdum (Mbah Buyut Kemedum) Mbah Sayyid Khusaini, Mbah Maskumambang, Mbah Umar Khottob, Mbah Ngabar dan mengirim  Doa pada Para Sesepuh Desa Bedanten Bungah, Jum'at (11/8/2023).

Haul Dan Sedekah Bumi tersebut, Mengusung tema "Menguatkan Kearifan Lokal dan Meneladani Kiprah Leluhur sebagai Bekal Generasi Penerus di Era Globalisasi". Yang digelar di area makam Mbah Kemedum Desa Bedanten Kecamatan Bungah, Jum'at (11/8/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri Anggota DPRD Gresik H. Mahmud dan H. Sholihuddin, Forkopimcam Bungah, pelestari makam tua Desa Bedanten Lestari Widodo juga menghadirkan penceramah KH Abdul Rohim asal Desa Campurejo Kecamatan Panceng.

Dalam Acara tersebut, Wanita yang akrab disapa Bu Min ini juga mengajak masyarakat untuk terus merawat tradisi dan kebudayaan, termasuk di antaranya sedekah bumi.

Foto: (Dok.Humas/infojatim.com) Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah memberikan Sambutan saat menghadiri acara Haul dan Sedekah Bumi di Desa Bedanten Bungah, Jum'at (11/8/2023).

"Ini merupakan salah satu cara menghormati pendahulu kita sebagai penyebar Islam masa lalu. Mari kita jaga tradisi dan budaya serta adat ini di tengah perkembangan zaman, "kata Bu Min.

Selain itu, Bu Min jug menerangkan, bahwa sepanjang tepian sungai Bengawan Solo yang melintasi Gresik banyak tokoh penerus penyebar Islam, ada Kyai Gede Desa Bungah. Juga ada Mbah Sayyid Khusaini dan Mbah Kemedum di Desa Bedanten.

"Sungai bengawan solo dulu sebagai jalur transportasi penyebaran Islam sekaligus jalur perdagangan, "terangnya.

Bu Min menuturkan, bahwa berdasarkan beberapa cerita sejarah yang sudah turun temurun. Desa Bedanten pada zaman era kerajaan Hayam Wuruk sekitar abad 13, terdapat sebuah dermaga bernama Padanten, sebagian menyebutnya Madanten.

"Tradisi seperti ini harus terus dilestarikan oleh masyarakat secara turun temurun, agar tidak tergerus arus perkembangan zaman. Sehingga kehidupan yang guyub rukun dan menghormati warisan leluhur tetap terjaga, "tuturnya.

Lebih lanjut Bu Min menambahkan, bahwa sedekah bumi juga merupakan ungkapan rasa syukur, sekaligus bentuk rasa kebersamaan kepada sesama. Sekaligus sebagai ajang silaturahim antar warga.

Foto: (Dok.Humas/infojatim.com) Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah memberikan Sambutan didepan para warga yang hadir dalam acara Haul dan Sedekah Bumi di Desa Bedanten Bungah, Jum'at (11/8/2023).

"Selain sebagai rasa syukur kepada sang pencipta. Sedekah bumi ini juga sebagai wujud pelestarian budaya yang sudah dilakukan turun-temurun, "tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Bedanten Abdul Majid mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Gresik yang sudah menyempatkan waktu untuk menghadiri acara tersebut di tengah kesibukannya.

Menurutnya, sedekah bumi adalah budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif.

Selain itu, dalam kegiatan ini, warga dapat bertemu dan bersilaturahmi, serta menciptakan kerukunan masyarakat.

"Tugas kita mewariskan adat istiadat dan budaya baik ini kepada generasi muda, yakni generasi milenial di era globalisasi saat ini agar paham sejarah, "pungkasnya. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment