Info Jatim Grup 23:00 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto : (Dok.Humas Pemda Gresik) Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah dalam acara Memperingati Hari Anak Nasional ke-39 tahun 2023 yang diadakan di Gedung Nasional Indonesia (GNI), pada Senin (31/07/2023).

Memperingati Hari anak Nasional ke-39 tahun 2023 yang diperingati setiap tanggal 23 Juni. Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah mengajak generasi penerus bangsa untuk mencegah pernikahan dini. Dalam acara peringatan puncak Hari Anak Nasional yang diadakan di Gedung Nasional Indonesia (GNI), pada Senin (31/07/2023).

Aminatun Habibah Wakil Bupati Gresik Yang akrab disapa Bu Min ini juga mengatakan, bahwa Peringatan Hari Anak Nasional mempunyai gaung yang luas serta memiliki daya ungkit tinggi untuk meningkatkan komitmen dalam rangka pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kabupaten Gresik. Termasuk maraknya pernikahan dini yang terjadi di Gresik yang terbilang cukup tinggi.

Selain itu Bu Min juga menegaskan, bahwa pernikahan dini harus dilakukan pencegahan. Ia menyebut permasalahan ini perlu perhatian dan peran yang sangat kuat dari orang tua dan pihak sekolah serta  Komunitas Anak Gresik melalui forum anak harus mempunyai kegiatan positif dan aktif dalam edukasi.

Foto : (Dok.Humas Pemda Gresik) Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah dalam acara Memperingati Hari Anak Nasional ke-39 tahun 2023 yang diadakan di Gedung Nasional Indonesia (GNI), pada Senin (31/07/2023).

"Ini membutuhkan peran yang kuat dari sekolah dan tentunya orang tua. Kalau bicara di sekolah ya karena anak kita kan di sekolah, maka harus dirumuskan pencegahannya seperti mengadakan sosialisasi. Dan ini juga harus diinternalisasi anti pernikahan dini ini," kata Bu Min.

Menurutnya, mereka ini yang kerap bersinggungan langsung dengan anak sehingga perlu adanya sinergi untuk melakukan pencegahan pernikahan dini bersama sama.

Tidak hanya itu, Bu Min juga berpesan, agar anak-anak terpacu untuk terus belajar dan berprestasi. Lembaga pendidikan diminta untuk berperan aktif dalam melakukan pendampingan, sehingga mampu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi pada anak.

"Dengan begitu anak-anak bakal berlomba-lomba dalam berprestasi," pungkasnya.

Lebih lanjut Bu Min mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Gresik juga berkomitmen dalam mewujudkan pemenuhan hak anak. Termasuk didalamnya memberikan support terhadap apa yang menjadi keinginan anak-anak.

"Kami mempunyai komitmen dalam upaya-upaya pemenuhan hak anak. Dan menjadi sesuatu yang membahagiakan bahwa atas komitmen kami dalam pemenuhan hak-hak anak ternyata menjadikan Gresik sebagai Kabupaten Layak Anak. Kami (Pemkab Gresik) menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak dari Pemerintah Pusat beberapa waktu yang lalu," ucapnya. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com ; Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment