GRESIK - Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto didampingi Wakil Bupati Dr. H. Moh. Qosim melakukan peletakan batu pertama Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahap XIII di kediaman Juwaer salah satu warga desa Mojowuku kecamatan Kedamean bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana, Gresik, Rabu (05/04/2017).

RTLH tersebut merupakan bentuk Bakti TNI bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan bekerjasama dengan pemerintah kabupaten (pemkab) Gresik.
Menurut Bupati Sambari, terdapat 47 ribu lebih usulan RTLH yang masuk ke pemkab Gresik. Tahun ini jumlah rumah yang telah diselesaikan oleh pemerintah kabupaten Gresik sebanyak 1.714 unit.

"Kami targetkan hingga tahun 2021 mendatang paling tidak 40 persen dapat kami selesaikan. Oleh sebab itu, sinergitas kami selaku pemerintah pemerintah daerah bersama TNI, Polri, Pemerintah Provinsi dan masyarakat akan terus kami lakukan," pungkas Bupati Sambari dalam sambutannya.

Terkait Bakti TNI, menurut Bupati Sambari hal tersebut sangat mulia dan luar biasa. "Kami sangat mengapresiasi kinerja TNI yang gotong royong bersama masyarakat untuk mensukseskan kegiatan ini," imbuh Bupati.

Gubernur Jawa Timur menjelaskan jumlah Rumah Tidak Layak Huni di Jawa Timur. "Jumlahnya 252.439 unit tersebar di semua daerah di Jawa Timur, dan yang telah dibenahi oleh TNI bersama Pemda Provinsi sejumlah 108 ribu unit lebih. Ditambah dengan bantuan bagi Kabupaten Gresik hari ini 1.714 unit," ujar pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim.

Sementara itu Pangdam V Brawijaya Mayjen. TNI I Made Sukadana mengungkapkan rasa kepeduliannya pada warga kabupaten Gresik. "Saya memberikan apresiasi besar kepada pemerintah provinsi Jawa Timur, pemerintah kabupaten Gresik yang selama ini telah bekerjasama dengan para TNI, untuk ikut membantu masyarakat membangun rumahnya yang tidak layak huni. Jika nantinya rakyat hidup nyaman dan sejahtera maka dengan sendirinya selalu memikirkan keamanan. Karena rakyatnya sejahtera dan semua kebutuhan tercukupi," ungkapnya. 

Arifin SZ Team 

Post a comment