GRESIK infojatim.com - Selasa 17 Juli 2018 - Sebuah kapal di Pelabuhan Rakyat Gresik terbakar pada Senin (16/7/2018) sekitar pukul 10.30 WIB. Diketahui kapal tersebut merupakan Kapal Layar Motor (KLM) Sinar Timur milik Sdr. H. Mistang dari Pare Pare Sulsel yang bermuatan Pupuk NPK produk PT. Wilmar Nabati, yang telah dimuat 2 bulan lalu sebelum lebaran.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro, S.H., S.I.K., M.Si. didampingi PJU Polres Gresik dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gresik AKP Jannah serta KBO Satpolairud Polres Gresik Iptu Jumingan mengatakan Kapal Layar Motor (KLM) Sinar Timur yang terbakar mengangkut pupuk seberat 650 ton yang akan dikirim ke wilayah Tanjung Aru Provinsi Kalimantan Timur.

"Kapal bermuatan 650 ton pupuk NPK yang rencananya pupuk itu akan dibawa dari Gresik menuju Kalimantan Timur", terang Kapolres.

Lanjut, Kapolres menjelaskan beberapa petugas Kepolisian polsek Pelabuhan dan Satpolair Polres Gresik diterjunkan bersama pihak pelabuhan setempat untuk melakukan evakuasi kapal yang terbakar. Dengan dibantu 3 unit mobil Damkar Pemkab Gresik yang melakukan pemadaman dari darat, sedangkan 3 kapal tag boat dari PT. Pelindo III, PT Wilmar, PT Petro Kimia pemadaman dari Laut. Sebelumnya petugas harus berusaha membawa Kapal ke tengah agar api tidak merambat kekapal yang lain untuk selanjutnya di lakukan pemadaman dan pendinginan oleh 3 kapal tersebut. Proses evakuasi pada kapal berjalan dengan lancar. Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu.

"Proses evakuasi Kapal berjalan lancar dan dipastikan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa kebakaran Kapal (KLM) Sinar Timur untuk kerugian material belum dapat ditaksir kerugiannya karena masih harus menunggu hasil pemeriksaan pemilik kapal", jelas AKBP Wahyu S Bintoro.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran itu. Kapolres Gresik mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Labfor Polda Jatim untuk mengetahui penyebab terbakarnya KLM. Sinar Timur tersebut.


ARZ TEAM

Post a Comment