Surabaya, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.


Bertempat di Jalan Raya Darmo Surabaya, Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Jawa Timur, Menggelar kegiatan Truk Multiguna Binmas, yang diberi nama 'Anjungan Bergerak' Kamtibmas Semeru (Anggrek Semeru) atau Binmas Mobile Stage' saat Car Free Day, di taman bungkul surabaya, Minggu (25/9/2022) pagi.


Dari kegiatan tersebut hadir Dirbinmas Polda Jatim, Wadirbinmas Polda Jatim, Kasubdit binpolmas Ditbinmas Polda Jatim, Personel Videotron Mobile Bidhumas Polda Jatim, Personel Anggrek Semeru gabungan Ditlantas dan Ditbinmas Polda Jatim, Musisi Jalanan binaan Polda Jatim, Pedagang Kaki Lima binaan Polda Jatim serta masyarakat di area Car Free Day.


Mobil anggrek semeru atau Binmas Mobile Stage, turut hadir memeriahkan kegiatan dengan memberikan hiburan musik serta memperkenalkan inovasi layanan Kamtibmas yang dimiliki Polda Jatim, Selain menyediakan hiburan musik dan bisa bernyanyi serta berjoget bersama, masyarakat bisa berdialog langsung dengan Polisi tentang banyak hal.


Untuk diketahui, Kegiatan Mobil Anggrek Semeru adalah memberikan hiburan musik, memberikan imbauan kepada masyarakat, dan memberikan informasi terkait pelayanan kepolisian antara lain perpanjangan SKCK dan SIM online.


Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Dirbinmas memperkenalkan sosok Pak Bhabin kepada masyarakat dan apa perannya di tengah-tengah warga. Pesan pak Bhabin selalu waspada, serta jika ada kendala atau keluhan juga harapan dan opini masyarakat, bisa meminta bantuan atau menyampaikan langsung kepada pak bhabin setempat.


"Misalnya, rupa-rupa layanan kepolisian seperti SIM dan SKCK, serta hal-hal seputar harkamtibmas. Sehingga sekat-sekat pertanyaan atau ketidakmengertian masyarakat terkait kamtibmas, hukum, dan layanan kepolisian diharapkan dapat dibuka atau dicairkan dengan hadirnya Anggrek Semeru ini," kata Kombes Pol Asep Irpan Rosadi.


Dijelaskan lebih jauh, anjungan ini juga memungkinkan Polda Jatim dengan mitra-mitra kamtibmas melaksanakan kegiatan bersama. Misalnya dengan musisi jalanan, tukang kopi jalanan, pokdarkamtibmas, komunitas peduli kamtibmas lainnya.


"Anggrek Semeru akan terus berkeliling di seluruh wilayah Jatim secara terjadwal," tambahnya.


Pemberian pesan-pesan kamtibmas oleh bhabinkamtibmas kepada masyarakat mengenai alur pembuatan SIM Cak Bhabin, jadwal vaksinasi covid-19, Pesan Bhabin, selalu waspada, serta jika ada kendala bisa meminta bantuan kepada Bhabin setempat dan dilanjutkan memperkenalkan inovasi yang dimiliki Ditlantas Polda Jatim.


"Diantaranya pembebasan administrasi PKB dan BBNKB kendaraan umum (mikrolet, bis kota, ojek online, dan kendaraan umum lainnya)," tutup dia.


Giat diselingi dengan memperkenalkan inovasi yang dimiliki Ditlantas Polda Jatim diantaranya pembebasan administrasi PKB dan BBNKB kendaraan umum (mikrolet, bis kota, ojek online, dan kendaraan umum lainnya).


Selanjutnya ditambahkan oleh Arifin S, Zakaria pimpinan redaksi infojatim.com dengan dilaksanakan gelar kegiatan Truk Multiguna Binmas yang diberi nama "Anjungan Bergerak" Kamtibmas Semeru ( Anggrek Semeru), semoga dapat untuk memberikan imbauan dan informasi kepada masyarakat terkait pelayanan kepolisian, "Ungkapnya, " (TH/Tim) Hinggah berita ini diturunkan, Senin ( 26/9/2022).

Sumber berita : Partner Mitra Humas Polda Jatim

Editor : TH

Redaktur : Rz

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S, Zakaria

Post a Comment