Surabaya, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Buruh Kecewa: Gubernur Jawa Timur Tidak Serius Terhadap Aspirasi Buruh

Hasil Audensi dari Demo Buruh Hari ini pada 19 September 2022,  bahwa Gubernur Jatim tidak menemui perwakilan buruh yang demo hari ini menunjukkan bahwa Gubernur Khofifah tidak aspiratif dan abai terhadap persoalan yang dihadapi rakyat. Selama menjabat tidak pernah sekalipun Gubernur Khofifah menemui perwakilan buruh pada saat aksi demonstrasi.

Selanjutnya dari massa aksi demo tersebut yang menemui perwakilan buruh Wakil Gubernur  Jatim,  sedangkan Wakil Gubernur Jatim sendiri  tidak dapat mengambil keputusan. Aspirasi buruh hanya sebatas ditampung untuk disampaikan kepada Gubernur,  " Ujarnya Wakil Gubernur Jatim di depan ribuan massa.


Sedangkan Kenaikan BBM sangat berdampak terhadap penurunan daya beli buruh dan masyarakat kecil karena kenaikan inflasi yang sangat tajam. Pemerintah Provinsi Jawa Timur gagap untuk mengendalikan laju inflasi dan mencegah rakyat kecil jatuh ke jurang kemiskinan.


"Dalam Hal ini menunjukkan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur tidak serius terhadap aspirasi/tuntutan buruh, "Ucap salah satu peserta aksi demo.


Oleh sebab itu, buruh hanya meminta kepada Khofifah Indar Parawansa ( Gubernur Jawa Timur)  untuk menyampaikan aspirasi peninjauan ulang terhadap keputusan Pemerintah Pusat terkait menaikkan harga BBM.


Namun hal tersebut tidak juga dikabulkan oleh Gubernur. Hal ini menunjukkan bahwa Gubernur Khofifah tidak berpihak terhadap buruh dan rakyat kecil, " Ujarnya, "

 

Terhadap tuntutan buruh agar Gubernur Jawa Timur merevisi UMK tahun 2022 serta menetapkan UMSK tahun 2022 yang telah direkomendasikan Bupati/Walikota pun juga tidak ada kejelasan. Pertemuan-pertemuan selama ini dengan perwakilan Pemprov Jatim hanya sebatas ditampung saja, sama sekali tidak ada kejelasan atau tindak lanjut untuk membahas revisi UMK tahun 2022 tersebut, " Tuturnya., " 


Berdasarkan hal tersebut, buruh mengultimatum Gubernur Jawa Timur selama 1 (minggu) kedepan agar serius membahas aspirasi demo buruh hari ini. Jika selama 1 (satu) minggu kedepan Gubernur Jawa Timur tetap abai terhadap tuntutan buruh, maka Partai Buruh Jawa Timur bersama aliansi serikat pekerja/serikat buruh serta mahasiswa akan mengkonsolidasikan diri untuk menyiapkan aksi yang lebih besar lagi. (FR)

Sementara itu dari Arifin S, Zakaria pimpinan redaksi infojatim.com bahwa harapan dari massa aksi demo untuk 1 minggu ke depan ada kejelasan atau jawaban dari Gubernur Jatim.

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S, Zakaria

Post a Comment