Menjelang digelontorkannya sejumlah dana yang ditransfer ke desa pada tahun 2016 ini mencapai Rp. 447 Milyar, Pemerintah Kabupaten Gresik mengadakan Bimbingan Teknis untuk para bendahara desa se Kabupaten Gresik. Selain bendaharawan desa yang berjumlah 330 orang tersebut, bimtek sehari ini juga mengikutsertakan 55 orang pendamping desa dan 18 Kepala Seksi dari Kecamatan.
Seperti yang disampaikan oleh Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Yusuf Ansori saat membacakan laporan pada bintek yang diselenggarakan di Ruang Mandala Bakti Praja, Kamis (25/2/2016). “kami perlu mematangkan seluruh Bendahara Desa serta berbagai unsure yang terlibat dalam pengelolaan dana desa tersebut, agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang diinginkan.
Pada tahun 2016 ini ada 4 macam alokasi dana ke desa dengan total Rp. 447 milyar. Dana itu terbagi pada Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar 109,7 miliar. Dana Bagi hasil pajak daerah dan retribusi daerah total sebesar Rp. 56,6 miliar. Dana bantuan keuangan khusus total sebesar Rp. Rp. 75 miliar ketiganya bersumber dari APBD Gresik. Sedangkan dari APBN yaitu Dana Desa total sebesar Rp. 205,6 milliar.
Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Tursilowanto Hariogi yang hadir membuka acara Bimtek mewakili Bupati Gresik. Kedepan dana yang dialokasikan ke desa tidak semakin sedikit tapi akan semakin besar. “Sesuai target APBD yang disampaikan oleh Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto yang mencapai Rp. 7 trilliun, maka diperkirakan dana yang digelontorkan kedesa sekitar antara satu setengah milliard sampai dua milliard rupiah” kata Tursilo.
Dengan keadaan tersebut, Tursilo mewarning semua Bendahara desa serta semua pengelola keuangan desa untuk berhati-hati dalam bekerja. “Niat dan moral kita harus ditata lebih dahulu. Bekerjalah sesuai aturan dan mekanisme yang ada. Selalu berkoordinasi dan berkonsultasi agar pelaksanaan dan penggunaan anggaran benar-benar sesuai aturan. Hal ini supaya tidak menimbulkan perkara di kemudian hari. Uang ini amanah jangan dibuat main-main” ujarnya serius. (sdm). arifin sz / team

Post a Comment