Infojatim.com - Guyuran hujan deras kembali melanda sejumlah daerah di Pulau Jawa. Akibatnya, banjir tidak hanya merendam rumah dan fasilitas umum, tapi juga kawasan pertanian.


Seperti diberitakan beberapa media online, cetak, tv beberapa hari ini, Senin (29/2/2016), akibat hujan deras yang disertai angin lebat, membuat sejumlah wilayah di Jawa Timur terendam. Dan beberapa titik di Sampang madura permukiman penduduk juga dikepung air.

Bak danau buatan, genangan air yang ada di mana-mana memaksa warga menuntun sepeda motornya, khawatir mogok saat dikendarai. Bahkan, mobil pun mogok gara-gara memaksa jalan saat jalan tergenang.

Banjir juga merendam kawasan permukiman. Ratusan rumah di 4 kecamatan terendam. Akibat buruknya saluran pembuangan, air pun sudah masuk ke dalam rumah.

Banjir yang selalu datang saat hujan deras terjadi diduga akibat ulah oknum jail yang menyalah gunakan lahan bibir laut dan pengurukan yang tidak mementingkan Rakyat banyak.

Banyak pembagunan proyek, pabrik dan lainya yang tidak mengutamakan lorong drainase. Tangan jail yang buang sampah sembarangan. Akibatnya membuat beberapa ruas jalan di jawa timur banyak tergenangi air. Namun, hingga kini belum terlihat ada upaya serius pemda setempat, sehingga warga selalu cemas saat turun hujan deras.

Tak hanya rumah yang terendam akibat banjir. Di Bojonegoro, Jawa Timur, ratusan hektare areal persawahan dan ladang milik warga juga terendam. arifin sz / team

Post a Comment