Info Jatim Grup 19:20 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto: Rombongan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Diana Kusumastuti didampingi Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, dan Ida Lailatussadiyah Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP) Gresik. usai meninjau langsung Pekerjaan Pembangunan Jaringan Perpipaan untuk Percepatan Sistem penyediaan air minum (SPAM) Regional Umbulan Provinsi Jawa Timur di Manyar, pada Kamis siang (28/9/2023).

Pembangunan Jaringan Perpipaan untuk Percepatan Sistem penyediaan air minum (SPAM) dari sumber mata air Umbulan Pasuruan akhirnya bisa dinikmati Masyarakat kabupaten Gresik. Khususnya di wilayah Kecamatan Kebomas dan Gresik Kota, yang diperluas hingga Kecamatan Duduksampeyan Gresik pada tahun ini.

Estimasi Pekerjaan Pembangunan Jaringan Perpipaan ini Ditargetkan pada bulan Desember, air dari sumber mata air Umbulan Pasuruan sudah bisa mengalir ke rumah warga.

Hal ini disampaikan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Diana Kusumastuti usai meninjau langsung Pekerjaan Pembangunan Jaringan Perpipaan untuk Percepatan Sistem penyediaan air minum (SPAM) Regional Umbulan Provinsi Jawa Timur di Manyar, pada Kamis siang (28/9/2023).

" Air Umbulan saat ini sudah bisa dinikmati warga Gresik yang berada di wilayah Kecamatan Kebomas dan Gresik Kota. Tahun ini diperluas hingga Kecamatan Duduksampeyan Gresik, "pungkasnya.

Kedatangan Rombongan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR ke Gresik pada Kamis (28/9/2023) siang itu, ditemui langsung Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, dan Ida Lailatussadiyah Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP) Gresik.

Foto: Bupati Fandi Akhmad Yani saat menemui Rombongan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR ke Gresik, saat meninjau langsung Pekerjaan Pembangunan Jaringan Perpipaan untuk Percepatan Sistem penyediaan air minum (SPAM) Regional Umbulan Provinsi Jawa Timur di Manyar, pada Kamis siang (28/9/2023).

Bupati Fandi Akhmad Yani yang akrab disapa Gus Yani ini menyampaikan, dengan adanya utilitas baru ini, terus akan menambah daya serapan sambungan pipa Perumda Giri Tirta.

Selain itu, Dirinya juga mengapresiasi Kementerian PUPR Dirjen Cipta Karya selalu memberikan perhatian kepada Pemkab Gresik dan masyarakat Gresik.

"Insya allah tahun ini sudah selesai, reservoir di Bunder juga tuntas. Kita bisa mendorong air hingga ke Kecamatan Duduksampeyan. Kedanyang, Kebomas tahun ini sudah keluar airnya, Insya Allah Kecamatan Duduksampeyan. Saat ini progres  pemasangan sambungan rumah, kami apresiasi dan terimakasih air ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Gresik," ungkapnya.

Lebih lanjut, Diana Kusumastuti Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI mengatakan, dengan adanya pemasangan pipa air Umbulan yang memiliki debit air 4.000 liter per detik ini, diharapkan bisa menambah 14.500 sambungan rumah dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Gresik.

"Oktober Insya Allah selesai, mudah-mudahan Desember air sudah bisa ngalir ke masyarakat," katanya.

Dijelaskannya, Progres pengerjaan sampai September mencapai 77,670 persen dengan target Penyelesaian di Akhir Bulan Desember 2023.

Ketika bulan Oktober pemasangan pipa telah selesai, akan dilakukan flushing kemudian tes comisioning dan uji alir. Paling lambat sampai bulan Desember. Setelah selesai semuanya, air bisa mengalir ke sambungan rumah.

Selanjutnya, Rombongan kemudian berjalan kaki menuju lokasi  Pemasangan pipa HDPE diameter 630 mm metode HDD crossing jalan tol Surabaya - Gresik overpass Suci, Manyar. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment