Info Jatim Grup 00:40 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto: Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah bersama seluruh Kepala Desa Sekecamatan Dukun dan Forkopimcam, Menghadiri Gelaran Sedekah Bumi di Desa Sawo, Kecamatan Dukun, Kamis (21/09/2023).

Tidak hanya memiliki kekayaan Sumber daya Alam, Indonesia memang kaya akan tradisi di tiap-tiap wilayahnya. Salah satunya adalah tradisi sedekah bumi. Menariknya, tradisi ini sudah ada sejak jaman nenek moyang. Namun, sedekah bumi ini masih eksis digelar. Tidak terkecuali, masyarakat kabupaten Gresik di Desa Sawo, Kecamatan Dukun, Kamis (21/09/2023).

Menghadiri Gelaran Sedekah Bumi tersebut, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah memberikan apresiasi yang tinggi. Menurutnya, Desa Sawo telah berjasa dalam melestarikan budaya positif khas Indonesia.

"Di Desa Sawo ini sudah nguri-nguri (melestarikan) budaya Indonesia, yaitu sedekah bumi. Kita tahu tradisi ini telah ada sejak dulu dan dilakukan oleh mayoritas desa yang lain di Indonesia dengan caranya masing-masing," ujarnya saat menghadiri gelaran sedekah bumi Desa Sawo.

Dalam Momen tersebut, dirinya dibuat takjub dengan antusiasme warga Sawo. Tampak Ratusan warga tumpah ruah meramaikan gelaran sedekah bumi siang itu. Tak ketinggalan juga telah disiapkan 2 tumpeng besar dari desa, hasil bumi untuk dibagikan pada warga.

Foto: Ratusan warga tumpah ruah meramaikan gelaran sedekah bumi. Berebut tumpeng besar hasil bumi dari Desa yang dibagikan pada warga Desa Sawo, Kecamatan Dukun, Kamis (21/09/2023).

Selain itu, Kemeriahan Tradisi Sedekah Bumi di desa Sawo terlihat meriah karena Ditambah puluhan tumpeng dari para warga dalam rangka lomba tumpeng hias. menambah semarak sedekah bumi tahun ini.

Untuk menambah semarak gelaran sedekah bumi kali ini, Desa Sawo juga menyiapkan berbagai macam hiburan seperti drum band dan gamelan. Turut hadir pula seluruh Kepala Desa Sekecamatan Dukun dan Forkopimcam.

Wabup yang akrab disapa Bu Min itu menuturkan, ini merupakan bentuk rasa syukur atas karunia yang diberikan oleh sang pencipta.

Foto: Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah memberikan sambutan saat menghadiri Gelaran Sedekah Bumi di Desa Sawo, Kecamatan Dukun, Kamis (21/09/2023).

"Ini menunjukkan kalau kita berterima kasih kepada Allah SWT, maka bumi yang kita tempati akan memberikan berkah bagi kita semua." tutur Bu Min.

Dalam Gelaran Sedekah Bumi tersebut, Bu Min juga berpesan agar tetap menjaga kebersihan lingkungan selama kegiatan berlangsung. Tujuannya untuk menambah nilai-nilai positif dalam rangka mewujudkan Gresik ramah lingkungan. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment