Info Jatim Grup 00:43 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto: Kegiatan Pemerintah Kabupaten Gresik membagikan BLT (Bantuan langsung Tunai) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Bupati H. Fandi Akhmad Yani bersama Kepala Dinas Sosial Umi Khoiroh di Pendopo Kantor Kecamatan Benjeng, pada Sabtu (23/9/2023).

Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2023 Kembali disalurkan Pemerintah Kabupaten Gresik. Kali ini, Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani bersama Kepala Dinas Sosial Umi Khoiroh dan Maestro Yunan Kepala Kantor Pos Indonesia cabang Gresik membagikan BLT (Bantuan langsung Tunai) di Pendopo Kantor Kecamatan Benjeng, pada Sabtu (23/9/2023).

Bupati yang akrab disapa Gus Yani ini menuturkan, bahwa bantuan ini diberikan kepada masyarakat miskin yang belum menerima bansos apapun. bantuan langsung tunai ini bersumber dari pajak rokok dengan pita cukai, Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

"BLT ini merupakan hasil pajak rokok dengan pita cukai. Dari hasil cukai tersebut dikembalikan berupa bantuan langsung tunai. Penerimanya adalah masyarakat miskin yang belum menerima bansos apapun," tutur Gus Yani.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Umi Khoiroh menerangkan, BLT yang dibagikan untuk Kecamatan Benjeng akan diberikan kepada 213 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) berasal dari 80 petani dan 133 untuk masyarakat lainnya yang menurut pendataannya sedang membutuhkan bantuan.

"Dari 22 desa di Kecamatan Benjeng, 19 desa mendapatkan Bantuan ini. total 213 penerima. Untuk 3 desa yang lainnya, karena sesuatu hal pengajuannya masih belum memenuhi indikator yang kami tetapkan. Insya Allah di tahap kedua 3 desa akan diberikan tahap berikutnya," terangnya.

lanjut Umi menjelaskan, Bantuan ini diberikan senilai Rp. 600.000 dikali 3. jadi hari ini masing-masing KPM (Keluarga Penerima Manfaat) menerima total Rp. 1.800.000 rupiah.

"Mudah-mudahan bantuan tunai langsung ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," pungkasnya.

Memantau langsung penyaluran BLT tersebut, Fandi Akhmad Yani juga menyapa warga yang akan menerima bantuan. Saat ditanya langsung bupati, Bapak ? uangnya nanti dipergunakan untuk apa ? tanya bupati.

Foto: Bupati Gresik saat berbincang dengan salah satu warga yang menerima BLT (Bantuan langsung Tunai) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). di Pendopo Kantor Kecamatan Benjeng, pada Sabtu (23/9/2023).

Handoyo (62) warga asal Desa Klampok penerima BLT tampak tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya.

"Alhamdulillah, bisa buat untuk membeli sembako, terima kasih bapak bupati dan pak kepala desa," ujarnya dengan wajah sumringah.

Bupati Gresik itu juga menyampaikan, agar bantuan ini nanti benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat bagi keluarga penerima.

"Saya berharap kepada penerima agar bisa memanfaatkan bantuan ini dengan semaksimal mungkin dan dipergunakan sesuai kebutuhan," harapnya. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment