Info Jatim Grup 21:45 A+ A- Print Email

Malang, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto: Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menerima Penghargaan Sebagai Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) terbaik dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2023 dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jatim di Kabupaten Malang, Senin (04/09/2023).

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, meraih penghargaan sebagai Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) terbaik dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2023. Yang diserahkan langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jatim di Kabupaten Malang, Senin (04/09/2023).

Penghargaan tersebut diberikan karena, Bupati yang akrab disapa Gus Yani ini dinilai berhasil melakukan Pembinaan dalam mewujudkan keberhasilan Program Kampung Iklim di kabupaten Gresik.

Dalam keterangannya, Gus Yani menuturkan bahwa penghargaan ini dipersembahkan kepada masyarakat Gresik yang gigih dalam upaya pelestarian lingkungan.

Menurutnya, hingga tahun ini terdapat 28 kampung iklim yang sudah berjalan di Kabupaten Gresik. Keberadaan kampung-kampung iklim ini, tersebar merata baik di wilayah utara, tengah, dan selatan Kabupaten Gresik.

"Apresiasi setinggi-tingginya kepada desa/kelurahan hingga tingkat RT dan RW, yang peduli pada lingkungan. Penghargaan ini, adalah penghargaan untuk mereka semua," tegas Bupati Yani setelah menerima penghargaan.

Untuk diketahui, Pemkab Gresik melalui Dinas Lingkungan Hidup terus mendorong pelestarian lingkungan hingga ke tingkat RT/RW. Hal ini didukung dengan diterbitkannya SE Bupati perihal Penguatan Aksi Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di Kabupaten Gresik.

Tidak hanya itu, kolaborasi dan sinergi gencar dilakukan dengan berbagai pihak, mulai sektor perangkat daerah terkait, tak ketinggalan pemerintah kecamatan, pemerintah desa, dan NGO/LSM/OMS serta dari dunia usaha seperti PT PLN Nusantara Power, PT Pertamina Lubricants, dan PT Petrokimia Gresik. Bidang akademisi seperti Universitas Muhammadiyah Gresik, UISI, Universitas Gresik, dan Universitas Qomaruddin.

"Dengan Proklim diharapkan bisa mendukung program Pemerintah Kabupaten Gresik, untuk menyelesaikan masalah sampah dari sumbernya, peningkatan RTH/tutupan vegetasi serta mewujudkan sirkuler ekonomi dan kemandirian masyarakat," terang Kadis LH Kabupaten Gresik Sri Subaidah.

Tidak ketinggalan, beberapa sekolah dan desa/kelurahan di Kabupaten Gresik juga mendapatkan penghargaan dalam puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jatim tahun ini.

Total ada 9 sekolah yang mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur tahun 2023. Sekolah-sekolah tersebut di antaranya UPT SMPN 5 Gresik; UPT SDN 49 Gresik; UPT SDN 35 Gresik; UPT SDN 41 Gresik; MI Ma'arif NU Nurul Ulum Bulurejo Benjeng; UPT SDN 33 Gresik ; MI Bahrul Ulum Sekapuk; SD Yimi Full Day School; UPT SDN 29 Gresik.

Sedangkan untuk penghargaan desa/kelurahan berseri, di antaranya diberikan kepada Desa Ketanen dalam kategori pratama. Sedangkan Desa Prupuh, Desa Balongpanggang, dan Kelurahan Sidokumpul mendapat penghargaan di kategori madya.

Sebagai informasi, adapun dalam Peringatan Puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diadakan Provinsi Jawa Timur tahun 2023 ini, Penghargaan Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) terbaik juga diberikan kepada Walikota kota Surabaya, Wakil Walikota Blitar, Bupati Gresik, Bupati Trenggalek, Pemkab Lumajang. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria 

Redaktur : Rizki

Post a Comment