Info Jatim Grup 12:54 A+ A- Print Email

Jatim, Surabaya, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada bersama Irjen Pol Imam Kapolda Jatim usai kegiatan apel gelar pasukan Operasi Aman Bacuya 2023 di Mapolda Jawa Timur, pada Kamis (9/11/2023). Foto: (Source Dok.Humas Polri / Ilustrasi infojatim.com)

FIFA U-17 World Cup 2023 yang akan berlangsung di Indonesia pada hari ini tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Ribuan personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Dishub telah disiagakan untuk mengamankan dan mengantisipasi agar gelaran pertandingan sepak bola Piala Dunia U-17 tetap berjalan lancar, aman, dan kondusif. Ajang kompetisi bergengsi itu akan dibuka sore nanti di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Aman Bacuya 2023 di Mapolda Jawa Timur, pada Kamis (9/11/2023). Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada mengatakan, bahwa total personel gabungan yang disiagakan sebanyak 13.251 personel. Terdiri dari 415 personel dari Mabes Polri, 12.836 personel dari empat Polda di Indonesia, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Timur, Polda Jawa Barat, dan Polda Jawa Tengah.

"Ini adalah apel dan untuk pengecekan terakhir, sebelumnya sudah dilakukan pra operasi dan TFG (Tactical Floor Game) di seluruh titik di 4 Polda. Personel yang dilibatkan, 13 ribu lebih dari 4 polda, dari Mabes Polri juga ada," kata Komjen Wahyu saat di Mapolda Jatim, Kamis (9/11/2023).

Selain dipersiapkan sejumlah personel gabungan, Jenderal Bintang tiga itu juga menyampaikan agar semua elemen masyarakat bersatu dan berkolaborasi untuk menyukseskan gelaran Piala Dunia U-17. Ia juga berharap agar tidak ada kendala selama persiapan hingga pelaksanaan kegiatan.

Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada, Irjen Pol Imam Kapolda Jatim didampingi sejumlah pejabat utama Polda Jatim usai kegiatan apel gelar pasukan Operasi Aman Bacuya 2023 di Mapolda Jawa Timur, pada Kamis (9/11/2023). Foto: (Source Dok.Humas Polri / Ilustrasi infojatim.com)

"Kuncinya adalah menjalankan kegiatan dengan kolaborasi dan sinergi antar lembaga, keberhasilan ini adalah keberhasilan kita bersama. Semoga kegiatan berjalan aman, lancar, dan sukses, ini demi nama baik Indonesia di mata internasional," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Irjen Pol Imam Kapolda Jatim mengungkapkan bahwa Kepolisian Daerah Jawa Timur ( Polda Jatim) terus mematangkan sejumlah Strategi pengamanan. di Beberapa titik yang dinilai rawan kemacetan lalulintas dan kepadatan di area pintu masuk telah dipetakan oleh Polda Jatim untuk diantisipasi agar gelaran pertandingan sepak bola Piala Dunia U-17 tetap berjalan lancar,aman dan kondusif.

"Jadi ada empat lapis yang akan dilaksanakan pemeriksaan itu kalau mereka tidak membawa tiket langsung disuruh kembali," ungkap Irjen Pol Imam Sugianto usai mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Bacuya 2023 di Halaman Mapolda Jatim, pada Kamis (9/11/2023).

Ditegaskannya, bahwa untuk penyekatan memang tidak ada, tetapi dilakukan pemeriksaan. Karena orang yang akan datang di GBT lanjut Irjen Imam akan dilarang masuk jika tidak mempunyai tiket.

Irjen Pol Imam Kapolda Jatim didampingi sejumlah pejabat utama Polda Jatim usai kegiatan apel gelar pasukan Operasi Aman Bacuya 2023 di Mapolda Jawa Timur, pada Kamis (9/11/2023). Foto: (Source Dok.Humas Polri / Ilustrasi infojatim.com)

Selain itu, untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan penonton, Irjen Pol Imam menghimbau agar Masyarakat memanfaatkan fasilitas dari pemerintah Kota Surabaya yang sudah menyiapkan bus gratis.

"Sudah disiapkan bus yang ada di 6 titik penjemputan dan dari 6 titik itu juga tetap akan dilakukan pemeriksaan terhadap tiket untuk menonton, dan jika tidak memiliki tiket menonton, maka tidak diperbolehkan naik shuttle bus," tegas Irjen Imam.

Sebagai informasi, FIFA U-17 World Cup 2023 yang diselenggarakan di Indonesia ini diikuti oleh 24 negara peserta, yaitu Kanada, Meksiko, Panama, Amerika Serikat, Brasil, Argentina, Ekuador, Venezuela, Kaledonia Baru, Selandia Baru, Inggris, Perancis, Jerman, Polandia, Spanyol, Senegal, Maroko, Mali, Burkina Faso, Indonesia (tuan rumah), Uzbekistan, Iran, Korea Selatan dan Jepang.

Pelaksanaan pertandingan FIFA U-17 World Cup 2023 ini akan digelar di empat stadion yaitu, stadion Jakarta Internasional Stadium (DKI Jakarta), stadion Si Jalak Harpa (Jabar), stadion Manahan (Jateng) dan Gelora Bung Tomo (Jatim).

Komjen Wahyu dalam amanat yang disampaikannya, menuturkan bahwa ini merupakan suatu kebanggaan dan sekaligus prestasi dimana indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah FIFA U-17 World Cup tahun 2023.

"Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang ada di asia tenggara, yang ditunjuk untuk menjadi tuan rumah, untuk itu kita semua yang hadir di sini harus bangga karena menjadi bagian dari sejarah untuk melakukan pengamanan peristiwa yang sangat penting bagi bangsa Indonesia," tuturnya.

"Kita semua akan menjadi bagian yang ikut dikenang oleh dunia, bahwa penyelenggaraan FIFA U-17 World Cup tahun 2023 yang diselenggarakan di Indonesia berjalan dengan lancar dan aman," tutup Jenderal Bintang tiga itu. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria
Redaktur : Rizki

Post a Comment