Info Jatim Grup 23:30 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto: Agenda kegiatan Pemerintah Kabupaten Gresik bersama Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur Bali (BBPJN Jawa Bali), saat menggelar sosialisasi terkait pelebaran jalan raya Manyar tahap 2 yang diperkirakan akan dikerjakan pada awal tahun 2024, pada Jumat (24/11/2023).

Pelebaran jalan raya Manyar tahap 1 telah rampung beberapa waktu yang lalu. Pemerintah Kabupaten Gresik bersama Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur Bali (BBPJN Jawa Bali), menggelar sosialisasi terkait pelebaran jalan raya Manyar tahap 2, pada Jumat (24/11/2023).

Agenda kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri oleh Sekretarias Daerah Kabupaten Gresik Ahmad Washil Miftahul Rahman, Asisten I Setda Kabupaten Gresik Suyono, Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan BBPJN Jatim Bali Ayu Pertimasari Sekar Handayani, Forkopimcam Manyar, serta pemilik lahan di sepanjang jalan raya Manyar.

Seperti yang diketahui, Pelebaran jalan tahap ke 2 ini merupakan lanjutan dari tahap pertama yang telah rampung beberapa waktu lalu. sebanyak 18 peta bidang tanah seluas 6.233 m2, dengan panjang kurang lebih 2,2 km akan digunakan untuk pelebaran pengerjaan tahap yang ke dua.

Dalam penjelasannya, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, bahwa pelebaran jalan ini merupakan salah satu projek strategis nasional dalam mengembangkan potensi di Kabupaten Gresik.

"Kita harus bersyukur, kita ditunjuk oleh pemerintah pusat sebagai titik lokasi projek strategis nasional. Maka pelebaran inilah yang kita harapkan dapat membawa dampak positif kepada masyarakat di Kabupaten Gresik," kata bupati yang akrab disapa Gus Yani.

Tidak hanya itu, Menurutnya, selain dapat mengurangi kemacetan, dengan adanya Pelebaran jalan ini juga dapat mendukung pertumbuhan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE. dalam pandangannya beberapa tahun kedepan, Gresik akan menjadi salah satu titik terpenting di Indonesia.

Oleh karena itu,  menurut Gus Yani peningkatan infrastruktur menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan saat ini. Dikatakannya, Setelah infrastruktur berjalan baik, maka langkah selanjutnya adalah fokus meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Gresik. Salah satunya adalah melalui bidang pendidikan.

"Artinya, ini merupakan bagian dari proses yang besar. Dimana 22 tahun ke depan, Gresik akan menjadi pusat perekonomian nasional. Maka ini butuh dukungan panjenengan semua agar cita-cita ini dapat terwujud," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUTR Gresik Dhiannita Tri Astuti menerangkan, bahwa pembangunan jalan diperkirakan dapat dimulai pada tahun 2024 besok. Pelebaran akan dimulai dari tikungan Desa Leran, Kecamatan Manyar hingga kawasan JIIPE.

"Kami harapkan bulan ini persiapan bisa clear semua, sehingga tahun depan kita bisa mulai membangun jalan lagi. Selanjutnya 2025 kita lanjutkan dengan pembuatan jembatan baru." terangnya. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment