Info Jatim Grup 22:54 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah Mengikuti kegiatan Kick Off Peringatan Hari Ibu (PHI) yang dihadiri dan dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, di Istora Senayan, Jakarta pada Selasa, (14 /11/2023). Foto: (Humas Prokopimda Gresik / Red.infojatim)

Sekitar 7.000 perempuan dari berbagai profesi, kalangan dan usia berkumpul di Jakarta. Emak-emak milenial ini berkumpul untuk mengikuti kegiatan Kick Off Peringatan Hari Ibu (PHI) yang dihadiri dan dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, di Istora Senayan, Jakarta pada Selasa, 14 /11/2023.

Seperti tahun sebelumnya, Pelaksanaan PHI-ke 95 Tahun 2023 akan mengangkat tema utama “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Namun PHI tahun ini sedikit berbeda, memiliki 4 (empat) sub tema yakni Perempuan Bersuara, Perempuan Berdaya dan Berkarya, Perempuan Peduli, Perempuan dan Revolusi. 

Empat sub tema tersebut diambil untuk membingkai semangat dan gerakan perempuan yang selanjutnya akan didetailkan melalui kegiatan-kegiatan yang relevan, yang akan menjadi rangkaian keseluruhan dari Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95 Tahun 2023.

Diantara ribuan perempuan yang hadir, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah juga turut hadir di acara tersebut. Direncakan Peringatan Hari Ibu (PHI) ini akan dilaksanakan pada bulan Desember mendatang. Sejumlah rencana kegiatan akan digelar pada PHI yang diperingati setiap 22 Desember yang akan memasuki ke 95 tahun itu.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah bersama ribuan perempuan dari berbagai profesi, kalangan dan usia berkumpul di Jakarta. Mengikuti kegiatan Kick Off Peringatan Hari Ibu (PHI) yang dihadiri dan dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, di Istora Senayan, Jakarta pada Selasa, (14 /11/2023). Foto: (Humas Prokopimda Gresik / Red.infojatim)

Diungkapkan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, usai menghadiri kegiatan Kick Off PHI di Istora Senayan. Ia menyampaikan bahwa, karena sudah ada Peraturan Presiden (Perpres) dan Peraturan Daerah (Perda) untuk Pengarusutamaan Gender dalam rangka bersama-sama ikut terlibat pembangunan Kabupaten Gresik.

"Perencanaan, jalannya roda pemerintahan dimana semuanya melibatkan peran perempuan di Kabupaten Gresik ini masih sangat dibutuhkan," ucapnya.

Wakil bupati Gresik yang akrab disapa Bu Min ini menuturkan, bahwa Keberhasilan daerah dalam aspek pembangunan, tak lepas dari peran perempuan didalamnya.

Menurutnya, keterlibatan perempuan ini untuk mewujudkan kesetaraan gender dan pemenuhan hak dasar perempuan dalam lingkup perencanaan, pelaksanaan hingga tindak lanjut program pembangunan daerah.

Selain itu, Dirinya berpesan, agar melalui momentum PHI ini. harus menjadi penyemangat serta mengingatkan semua perempuan di Kabupaten Gresik untuk terus termotivasi.

"Agar para perempuan selalu menanamkan dalam diri dan pikirannya, bahwa mereka adalah sosok yang kuat, tangguh, dan berdaya. Sosok yang berani bermimpi dan mampu mewujudkannya," pesan Bu Min.

Dikatakannya, wujud kesetaraan gender dan keterlibatan perempuan memiliki peran dalam memegang peranan strategis didalam pemerintah.

"Saya hadir tidak hanya sebagai wakil bupati, namun juga mewakili seluruh perempuan dari berbagai kalangan dan profesi yang ada di Gresik. Saya terkesima dengan semangat para perempuan kemajuan bangsa, khususnya di Kabupaten Gresik," tuturnya.

Ini dibuktikan dengan adanya sejumlah OPD di Pemerintah Kabupaten Gresik yang dipimpin oleh perempuan. Diantaranya adalah (Kepala Dinas KBPPPA) Titik Ernawati, Ummi Khoiroh (Kadis Sosial), Mukhibatul Khusnah (Kadis Kesehatan), Dhiannita Tri Astuti (Kadis PUTR), Sri Subaidah (kadis Lingkungan Hidup, Ninik Asrukin (Kadis Kominfo), serta (Kadis CKPKP) Ida Lailatussa'diyah. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment