Info Jatim Grup 22:55 A+ A- Print Email

Lamongan, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto: Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) melaksanakan kegiatan pendampingan dan workshop pembuatan tali Kur dan merajut. Yang diikuti ibu-ibu dan remaja putri. di balai desa Rayunggumuk, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Rabu (18/10/2023).

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) membuat terobosan cerdas dengan menciptakan sebuah peluang usaha. Kegiatan ini Dalam rangka menyebarluaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan memenuhi tanggung jawab moral dalam upaya meningkatkan kemampuan masyarakat.

Kegiatan PKM ini berlangsung sejak 25 Agustus 2023 sampai dengan akhir Oktober 2023. Tepatnya sejak tanggal 19 September 2023 bertempat di desa Rayunggumuk, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Dalam kegiatan tersebut, Tim PKM UMG yang diketuai oleh Dr. Ir. Djoko Soelistya, M.M, CPHCM, CHRMP dengan anggota Dr. Slamet Asari, S.Pd, M.Pd dan Prof. Dr. Khoirul Anwar, S.Pd, M.Pd melakukan pendampingan dan workshop pembuatan tali Kur dan merajut, khususnya bagi ibu-ibu dan remaja putri.

"Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pembekalan dan pelatihan langsung tentang pembuatan kerajinan tangan dari Tali Kur dan merajut, serta pelatihan dalam menggunakan marketplace untuk pemasaran digital. Peserta pelatihan terdiri dari 50 warga desa, terutama ibu-ibu dan remaja putri," terang DR. Djoko yang juga seorang penulis buku ini, Rabu (18/10/2023).

Menurutnya, kegiatan  PKM ini untuk mendorong kemandirian masyarakat dalam berwirausaha dan mengembangkan keterampilan sekaligus pemasaran digital melalui pembuatan kerajinan Tali Kur dan merajut oleh warga usia produktif.

Selain itu, kegiatan PKM ini juga dapat menciptakan usaha baru dan meningkatkan pendapatan tambahan untuk keperluan rumah tangga.

Foto: Ibu-ibu dan remaja putri saat mengikuti workshop pembuatan tali Kur dan merajut didampingi Tim PKM UMG yang diketuai oleh Dr. Ir. Djoko Soelistya di balai desa Rayunggumuk, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Rabu (18/10/2023).

Untuk diketahui, Tali Kur merupakan bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tangan seperti tas, hiasan dinding dengan berbagai motif dan corak warna yang beragam. untuk membuat tas dari tali kur menggunakan teknik menyimpul mulai dari ragam yang sederhana hingga yang rumit.

Tali ini sangat gampang untuk disimpul sehingga bisa menjadi sebuah kerajinan tangan berupa tas, dompet maupun gelang dengan dikombinasikan beberapa warna yang menarik dan memiliki nilai jual.

Sementara itu, Kepala Desa Fuad, S.Pd.I mengharapkan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Rayunggumuk bisa memunculkan semangat, motivasi, dan inovasi kemandirian dalam membuka usaha baru. Warga dapat mengembangkan potensi sumber daya manusia mereka dan memberikan solusi terhadap masalah dengan mendapatkan pendapatan tambahan melalui penjualan hasil kerajinan tangan yang dibuat. Dari penjualan langsung atau melalui media sosial.

"Kami berharap pencapaian dalam kerajinan tangan dari Desa Rayunggumuk akan dikenal oleh masyarakat luas dan membantu mengurangi tingkat kemiskinan di desa kami," ungkapnya sembari menghaturkan terima kasih kepada Tim PKM dari Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) yang telah memberikan pembekalan dan pelatihan tentang pembuatan kerajinan tangan dari Tali Kur dan merajut.

Sebagai informasi, Kegiatan PKM ini adalah bagian dari desiminasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya secara langsung terhadap masyarakat. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu percepatan pencapaian tujuan pembangunan nasional. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria
Redaktur : Rizki
Sumber : Partner/DD (Telisik Hati)

Post a Comment