Info Jatim Grup 01:17 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Pemotongan pita oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, didampingi Wakil Ketua BAZNAS Provinsi Jatim Muhammad Zakki, dan ketua BAZNAS Gresik Muhamad Mujib meresmikan kampung Zakat Community Development (ZCD) Ternak Produktif di Dsn Serembi Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, Kamis (19/10/2023). Foto: (Dok.Humas Pemda Gresik)

Mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Gresik bersinergi dengan BAZNAS Provinsi Jawa Timur meresmikan kampung Zakat Community Development (ZCD) Ternak Produktif yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani didampingi Wakil Ketua BAZNAS Provinsi Jatim Muhammad Zakki dan ketua BAZNAS Gresik Muhamad Mujib di Dsn Serembi Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, Kamis (19/10/2023).

Sebagai informasi, Zakat Community Development (ZCD) merupakan program pemberdayaan kelompok atau komunitas yang berintegrasi pada aspek ekonomi dan sosial.

Bupati Gresik  Fandi Akhmad Yani yang hadir dalam peresmian tersebut, mengapresiasi program yang diprakarsai oleh BAZNAS Gresik dengan Provinsi Jatim. Menurutnya ada sinergitas yang luar biasa, karena program tersebut disalurkan dalam bentuk ZCD.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat memberikan sambutan di acara peresmian Kampung ZCD (Zakat Community Development) di Dsn Serembi Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, Kamis (19/10/2023). Foto: (Dok.Humas Pemkab Gresik)

"Atas nama pemerintah menyambut baik program tersebut. ZCD disalurkan melalui kelompok ternak yang diwadahi dalam suatu komunitas yang mumpuni dalam mengelola dan bisa berkembang, "terangnya.

Bupati yang akrab disapa Gus Yani itu mengungkapkan, program seperti ini harus terus berlanjut di desa-desa lain di Kabupaten Gresik. Tujuannya adalah untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat melalui ekosistem peternakan.

"Ini sebagai salah satu upaya kita bersama dalam pengentasan angka kemiskinan di Kabupaten Gresik, "ungkapnya.

lebih lanjut Gus Yani juga berpesan, kedepannya kepada dinas pertanian dan peternakan untuk melakukan pendampingan pada hewan ternak mustahik. memberikan wawasan kepada peternak agar memperhatikan kawasan lingkungan yang bersih dan sehat. Baik dalam pemberian nutrisi maupun vaksin secara berkala.

"Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan pada hewan, selain sehat, dapat berkembang. Hewan-hewan ternak tersebut agar layak dan halal untuk di konsumsi, "pesannya.

Bawas (78) Salah satu peternak mustahik asal Desa Srembi saat di wawancara, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gresik, BAZNAS dan para Muzakki atas perhatiannya kepada para mustahik.

"Terima kasih pada BAZNAS Gresik dan Provinsi, awalnya diberikan 4 ekor kambing. Sekarang sudah menjadi 20 ekor, "ucap Bawas sembari tersenyum.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Abu Hassan, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Eko Anindito, Wakil Ketua BAZNAS Provinsi Jatim KH. Muhammad Zakki, Ketua BAZNAS Gresik H. Muhamad Mujib, Camat Kebomas Yusuf Ansori, Kepala Desa Kembangan Ngadimin serta kelompok ternak Mekar Sari Dsn Serembi Desa Kembangan Kecamatan Kebomas.

Pemberian secara simbolis Program ternak kambing produktif BAZNAS Gresik bersinergi dengan BAZNAS provinsi jatim kepada 10 orang penerima manfaat dari kelompok ternak Mekar Sari di Dsn Serembi Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, Kamis (19/10/2023). Foto: (Dok.Humas Pemkab Gresik)

Pada kegiatan tersebut, turut diserahkan secara simbolis, program ternak kambing produktif sinergi dengan BAZNAS provinsi jatim kepada 10 orang penerima manfaat. Sebanyak 40 kambing jantan 1 kambing betina dengan total 41 kambing bantuan dari BAZNAS provinsi jatim senilai Rp 75.000.000. Sedangkan bantuan kandang dari BAZNAS Gresik senilai Rp 30.000.000  total keseluruhan bantuan sebesar 105.000.000.

Selain itu, juga diserahkan program bantuan MCK senilai Rp 3.000.000, beasiswa pendidikan Rp 9.000.000, Marbot Rp 600.000 dan santunan yatim Rp 1.500.000. Total bantuan kampung ZCD Desa Kembangan Kecamatan Kebomas BAZNAS Gresik sinergi dengan BAZNAS Provinsi Jatim sebesar 188.000.000.

Sementara itu, di tempat yang sama Wakil Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Timur Muhammad Zakki mengatakan, dengan adanya program ZCD kampung ternak kerjasama BAZNAS Provinsi Jatim dan BAZNAS Gresik. Diharapkan mampu menurunkan angka kemiskinan.

"Seiring perkembangan, wakaf juga dapat berupa wakaf produktif yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, "ujarnya.

Pihaknya berharap, selain ternak, kedepan  ada program budidaya lele dan sumur bor agar bisa terus dimanfaatkan oleh masyarakat di musim kemarau seperti saat ini. Ia mengapresiasi Pemkab Gresik dalam menggeliatkan UMKM yang terus bangkit di tengah pemulihan ekonomi.

"Program itu merupakan aksi nyata memanfaatkan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) untuk membangkitkan ekonomi mustahik dan penanggulangan kemiskinan, "tandasnya. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment