Info Jatim Grup 01:24 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Wakil Bupati Aminatun Habibah saat menghadiri Acara Sedekah bumi Yang berbarengan dengan momen Re-Lauching wisata Twin Lake atau Telaga Sharma, di desa kemangi kecamatan Bungah kabupaten Gresik, Selasa (23/10/2023). Foto: (Humas Pemkab Gresik/infojatim.com)

Gelaran Sedekah bumi di Desa Kemangi, kecamatan Bungah kabupaten Gresik kali ini berbarengan dengan momen Re-Lauching wisata Twin Lake atau Telaga Sharma. Acara tersebut dihadiri langsung Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Selasa (23/10/2023).

Wakil Bupati Gresik yang biasa disapa Bu Min ini menuturkan, bahwa wisata ini perlu terus bersinergi dengan banyak pihak agar terus berkembang. Untuk itu, pemerintah desa sebagai eksekutor harus bergerak secara dinamis menggandeng pemerintah daerah.

"Desa Kemangi ini menjadi salah satu desa di Gresik dengan tatanan yang rapi. Maka, saya berharap dapat terus bersinergi dengan kecamatan dan pemerintah daerah agar potensi yang ada di sini maksimal, terutama sektor wisata," tutur Bu Min.

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi pemerintah desa setempat karena telah nguri-nguri (melestarikan) budaya jawa di tengah era modern. Menurutnya, Ini menunjukkan bahwa Desa Kemangi adalah desa yang guyub dan saling gotong royong.

"Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Desa Kemangi yang telah menjaga tradisi jawa yang saat ini telah bernuansa islami. Karena dulu sebelum islam masuk sedekah bumi masih identik dengan hal-hal yang kurang positif," ujarnya.

Acara ini juga dihadiri Kepala Dinas PMD Abu Hasan, Camat Bungah Izzul Muttaqin, Pemangku Ponpes Qomaruddin Bungah KH. Ala'udin, Ketua AKD Bungah Sodiqin, Jajaran Perangkat Desa Kemangi, tokoh masyarakat Kemangi, serta seluruh warga Desa Kemangi.

Ditempat yang sama Kepala Desa Kemangi Akhmad Yusuf mengatakan, momen sedekah bumi kali ini menjadi hal baik untuk tempat wisatanya.

"Pada momen Sedekah Bumi ini kita juga minta doanya, karena center bisnis kita yaitu wisata Telaga Sharma atau Twin Lake Desa Kemangi ini kembali dibuka," katanya.

Sebagai informasi, Wisata Twin Lake Desa Kemangi telah berhasil menduduki 300 besar desa wisata dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 dari 7.275 desa wisata di Indonesia. Menurutnya, ini akan menjadi spirit baginya dan warga Kemangi untuk tetap konsisten mengembangkan potensi wisata di desanya.

Lebih lanjut Yusuf mengungkapkan, bahwa keberhasilan dalam membangun wisata ini tak lepas dari dukungan warganya. Sehingga Kemangi dapat menjadi desa mandiri dengan segala macam potensi yang dimiliki. Selanjutnya, dia mentargetkan Kemangi mengusung konsep digitalisasi desa untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi.

"Ini adalah hasil dari keterlibatan warga Kemangi. Tahun depan kita akan targetkan Kemangi menjadi desa digital di Gresik." ungkapnya. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment