Info Jatim Grup 03:00 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Gudang Es krim Merk Aice yang berada di Jl. Dr.Wahidin SHD No.694, Kembangan, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mengalami kebakaran diduga Kosleting listrik, Jumat pukul 00.30 wib (06/09/2023). Foto: (Tim/infojatim.com)

Peristiwa kebakaran kembali lagi terjadi di wilayah Gresik kota. Tepatnya di Gudang Es krim Merk Aice yang berada di Jl. Dr.Wahidin SHD No.694, Kembangan, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mengalami kebakaran, Jumat pukul 00.30 wib (06/09/2023).

Menurut keterangan Mangara, salah satu Petugas Damkar Gresik dilokasi kejadian menerangkan, kejadian dilaporkan oleh karyawan gudang sekitar pukul 23.35 wib. Bahwa terjadi kebakaran di gudang es krim merk Aice.yang berada di Jl. Dr.Wahidin SHD No.694, Kembangan, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik.

Dijelaskannya, kejadian berawal ketika salah satu karyawan memasuki gudang tersebut menemukan adanya kepulan asap tebal ditambah aroma seperti kertas atau Karton terbakar, dicek  ternyata ada percikan api di dalam ruangan pendingin. Kemudian karyawan tersebut melaporkan pada kami.

"Kejadian dilaporkan sekitar pukul 23.35 wib,  selanjutnya Kami Segera  menuju TKP dan melakukan observasi serta pemeriksaan di lokasi," ungkapnya.

Terpantau tim media infojatim.com dalam kejadian kebakaran tersebut petugas Damkar bekerja sama dengan PLN Unit Gresik untuk memutus aliran listrik yang menjadi sumber tenaga pada ruangan pendingin, Kemudian untuk mengurangi kepulan asap dari ruangan pendingin, petugas Damkar menggunakan kipas blower eksternal  yang dibawa. sehingga visibilitas dari petugas dalam melihat sumber api terlihat maksimal.

Lanjut diterangkannya, setelah dilakukan penyedotan asap menggunakan blower oleh petugas kami, sudah mulai terlihat, ternyata penyebabnya adalah dari konsleting kipas blower yang berada dalam ruangan pendingin.

"Penyebab adanya percikan api, Diduga berasal dari kosleting kabel listrik pada blower pendingin di dalam ruangan pendingin tersebut. sehingga memicu percikan api dan merambat ke tumpukan kardus yang berada didalam," ucapnya.

Untuk sementara, diduga tidak ada korban jiwa, nihil dan hanya mengalami kerugian materi berupa barang-barang yang siap jual terbakar di tempat kejadian.

Pantauan tim media infojatim.com hingga pukul 01.30 Wib di lokasi kejadian, 2 unit mobil damkar, dibantu dari Polsek serta polres Gresik untuk melakukan pengamanan sehingga tidak terjadi kemacetan meskipun malam hari.

Lebih lanjut, Mangara Petugas Damkar Gresik juga memberikan himbauan kepada masyarakat, apabila memiliki barang barang elektronik yang sifatnya dipakai dalam jangka waktu lama, mohon di perhatikan masa pakai daripada alat tersebut. jika alatnya sudah waktunya melakukan perbaikan atau peremajaan mohon segera dilakukan peremajaan.

"Kami menghimbau kepada masyarakat, apabila memiliki barang elektronik, agar memperhatikan perakitan ulangnya, jangan sampai ada bagian-bagian yang terlewatkan, sehingga ketika diaktifkan kembali tidak berfungsi sebagaimana mestinya, atau terjadi gagal fungsi dan menyebabkan kosleting, jelasnya.(Fr/Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Pewarta : Ferdi

Post a Comment