Info Jatim Grup 22:42 A+ A- Print Email

Jakarta, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto: Irjen Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si (Kapolda Jawa Timur).

Kepala Polisi Republik Indonesia atau Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara resmi melantik Irjen Pol Imam Sugianto menjadi Kapolda Jatim menggantikan Irjen Pol Toni Harmanto.

Pelantikan tersebut dilaksanakan pada upacara serah terima jabatan (Sertijab) secara tertutup di Ruang Rupatama, Mabes Polri, Rabu (18/10/2023).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Saat memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) di Ruang Rupatama, Mabes Polri, Rabu (18/10/2023). Foto: (Dok.Humas Polri)

Sertijab ini merujuk surat telegram bernomor ST/2360/X/KEP./2023 tanggal 14 Oktober 2023 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto.

Dalam kegiatan upacara serah terima jabatan (Sertijab) tersebut, dihadiri oleh Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto, Irwasum Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri, Kabareskrim Polri Komjen Pol Wahyu Widada, Kabaharkam Polri Komjen Pol Mohammad Fadil Imran, Kabaintelkam Polri Komjen Pol Suntana, Kalemdiklat Polri Komjen Pol Purwadi Arianto, dan PJU Mabes Polri serta Bhayangkari Pusat Mabes Polri.

Dalam surat telegram yang dikeluarkan Kepala Polisi Republik Indonesia atau Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan nomor ST/2360/X/KEP./2023 sebanyak 55 personel dilakukan mutasi dan rotasi jabatan. Adapun Personel yang dimutasi dan dirotasi perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri.

Dalam keterangannya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan membenarkan perihal surat telegram mutasi dan rotasi jabatan. Menurutnya, mutasi dan rotasi di tubuh Polri merupakan hal yang biasa.

“Mutasi dan rotasi adalah proses alamiah di organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja, tour of duty dan area,” dalam keterangannya pada Sabtu, (14/10/2023).

Sementara itu, ketika dikonfirmasi pimpinan redaksi infojatim com pada Rabu ( 18/10/20203) terkait kabar tersebut melalui pesan singkat WhatsApp Irjen Pol Imam Sugianto  menuturkan terima kasih atas perhatian dan doa nya.

"Terimakasih atas perhatian dan doa nya, Semoga kita bisa melaksanakan tugas dengan baik dan Amanah di Polda Jatim, " tulis Irjen Pol Imam Sugianto lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1990 yang juga berpengalaman sebagai Intel dan Mantan Ajudan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

Seperti yang diketahui, Dari kabar yang beredar puluhan pati dan pamen Polri yang dimutasi dan dirotasi, diantaranya jabatan Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) Polri yang dijabat Komjen Pol Anang Revandoko akan digantikan Irjen Pol Imam Widodo.

Kemudian ada 5 Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) diantaranya Kapolda Jawa Timur, Kapolda Kalimantan Timur, Kapolda Kalimantan Tengah, Kapolda Nusa Tenggara Barat, dan Kapolda Bangka Belitung.

Kegiatan acara serah terima jabatan (sertijab) tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Polisi Republik Indonesia atau Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Ruang Rupatama, Mabes Polri, Rabu (18/10/2023).

Upacara Pelantikan dan serah terima jabatan (Sertijab) di Ruang Rupatama, Mabes Polri, yang dipimpin langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Rabu (18/10/2023). Foto: (Dok.Humas Polri)

Berikut 6 daftar Personil Kepolisian  yang telah dilantik Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

1. Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) serah terima jabatan (sertijab) dari Komjen Revandoko yang memasuki masa pensiun sebagai Pati Polri ke Irjen Imam Widodo.

2. Kapolda Jawa Timur yang dijabat Irjen Pol Toni Hermanto akan digantikan oleh Irjen Pol Imam Sugianto, yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim).

3. Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) nantinya akan dijabat Irjen Pol Nanang Avianto yang kini menjabat Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng).

4. Pengganti Irjen Pol Nanang yakni Irjen Pol Djoko Poerwanto yang kini menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

5. Irjen Pol Umar Faroq yang kini menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri dimutasi menjadi Kapolda NTB.

6. Kapolda Kepulauan Bangka Belitung juga mengalami pergantian. Irjen Pol Yan Sultra akan digantikan Irjen Pol Tornagogo Sihombing yang kini mengemban jabatan sebagai Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri. 

Dalam kegiatan Pelantikan Upacara serah terima jabatan (Sertijab) tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga berpesan kepada para Kapolda yang baru dilantik untuk dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment