Infojatim.com-Selama 4 tahun terakhir, program keluarga berencana di Gresik berjalan sukses. Hal ini terlihat dari kepesertaan KB aktif yang saat ini mencapai 71,90%. Jumlah prosentase ini melebihi angka prosentase Nasional yang saat ini hanya 65%.

Indikasi sukses ini juga terlihat dari nilai prosentase total fertility rate (TFR). Sesuai data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), total fertility rate (TFR) di Kabupaten Gresik tahun 2014 hanya 1,88%. Angka ini lebih kecil dibanding target TFR nasional sebesar 2,1%. "Untuk total fertility rate nasional saat ini mencapai 2,6%." data ini disampaikan oleh Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Gresik, dr. Adi Yumanto melalui kabag Humas Suyono, Kamis (6/8/2015) di kantornya. 

Sesuai keterangan Bupati Sambari saat menerima Sekretaris Militer Presiden RI, Tri Eko Purnomo yang melakukan pemantauan pelaksanaan program KB di Gresik sebulan lalu. Saat itu Sambari menyebutkan keberhasilan Keluarga berencana di Gresik terbukti karena jumlah rata-rata keluaga di Gresik hanya 3,6 artinya tiap keluarga dihuni maksimal 4 anggota. " katanya Sambari meyakinkan.

Atas sukses program KB tersebut, Presiden Joko Widodo menyematkan penghargaan Satya Lancana Pembangunan bidang kependudukan tahun 2015 kepada Bupati Gresik, Dr. H. Sambari Halim Radianto. Penyematan itu dilaksanakan pada peringatan puncak Hari Keluarga Nasional XXII tahun 2015. Acara tersebut berlangsung Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan.

Penghargaan Satya Lancana Pembangunan bidang kependudukan tahun 2015 ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) No.81PK/2015 tentang penganugerahan Satya Lencana Pembangunan atas jasa-jasa terhadap negara dan masyarakat yang bertujuan mendorong pembangunan di bidang kependudukan dan keluarga berencana nasional.

Menurut Kabag Humas Suyono yang ikut mendampingi Bupati, Penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI merupakan kali ke dua yang diterima Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto."Pada tahun 2014 Bupati Gresik juga telah menerima Satya Lencana Pembangunan bidang Pertanian tahun 2014 kala itu diterimakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono" katanya.

Untuk penghargaan Satya Lancana Pembangunan bidang kependudukan tahun 2015 yang merupakan supremasi tertinggi di Indonesia. Pada tahun 2013 lalu Bupati Gresik juga meraih meraih Penghargaan bidang kependudukan yang lain yaitu penghargaan Manggala Karya Kencana. (sdm/arz)

Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

Post a Comment