Surabaya-Gedung baru di RSUD dr M. Soewandhie diperkirakan dapat dioperasikan Januari 2016 mendatang. Untuk itu pembangunannya ditargetkan selesai akhir Desember tahun ini. Demikian diungkapkan Plt. Dirut RSUD dr M. Soewandhie Febria Rachmanita dalam rilis yang diterima redaksi Wartasurya.com.

 

Kata Febria, di bagian gedung sebelah utara Rumah Sakit tersebut sudah sampai dalam tahap pengecoran lantai tiga dan pengerjaan lantai dua di sisi timur. Sesuai rencana gambar, bangunan baru tersebut terdiri dari empat lantai dengan kapasitas 165 tempat tidur.    

 

 "165 tempat tidur itu nanti akan melengkapi 291 bed yang sudah ada di bangunan lama. Jadi jika proyek sudah rampung, RSUD dr M. Soewandhie akan berkapasitas 456 tempat tidur," terang pejabat yang akrab disapa Fenny ini.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Fenny menjelaskan, gedung baru itu nantinya juga akan di lengkapi ruang Intensive Cardiologi Care Unit (ICCU) khusus penyakit jantung, Intensive Care Unit (ICU), ECU dan ruang perawatan luka bakar (burn unit).

 

Diharapkan, lanjut Fenny, semua fasilitas sarana dan prasarana yang diberikan mampu mengurai membludaknya pasien di rumah sakit itu nantinya. Sebab, selama ini, poli rawat jalan terpusat di bagian tengah rumah sakit. Dengan kondisi traffic rata-rata 1.100 pasien per hari, tentu kondisi poli rawat jalan menjadi kurang ideal atau overload. Sementara untuk rawat inap selalu penuh setiap hari dengan pemanfaatan tempat tidur mencapai 89 persen. Padahal, lanjut dia, idealnya 60-85 persen.

 

Oleh karenanya, alumnus Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Prof Dr Moestopo tersebut akan membagi poli rawat jalan di bagian tengah dan sisi utara gedung. Dengan demikian, konsentrasi pasien tidak terpusat pada satu tempat. "Kita akan bagi supaya tidak menumpuk," ujar Fenny.

 



Link : http://www.wartasurya.com/2015/08/gedung-baru-rsud-dr-m-soewandhie.html

Post a Comment